Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta
Foto Bersama Kegiatan Studi Banding KSPM FEB UPNVJ dengan KSPM FEB UI

FEBUPNVJ – (28/9/2024) Telah dilaksanakan acara Studi Banding 2024 yang diselenggarakan oleh Kelompok Studi Pasar Modal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta melalui kolaborasi antar universitas. KSPM FEB UPN “Veteran” Jakarta mengadakan Studi Banding dengan KSPM FEB Universitas Indonesia sebagai salah satu program dalam rangka meningkatkan pemahaman pasar modal Indonesia. Studi Banding kali ini mengusung tema  “Building Relationships and Empowering Minds for Enhanced Organizational Growth and Market Insights” yang diadakan secara offline dimana peserta melaksanakan kegiatan tersebut pada ruang 201-202 Gedung Soepomo, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta Acara ini dihadiri oleh 94 peserta. Acara ini diawali dengan membacakan tata tertib peserta. Setelah pembacaan tata tertib peserta, dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh Project Officer Studi Banding 2024.

Selanjutnya presentasi profil dari dua organisasi pasar modal mahasiswa, yaitu Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) dan KSPM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI). Pada sesi ini, masing-masing organisasi memperkenalkan sejarah, struktur organisasi, visi-misi, serta kegiatan utama yang mereka lakukan. Melalui sesi ini, mahasiswa diharapkan dapat lebih memahami dinamika dan program kerja dari kedua KSPM, serta memperoleh gambaran umum tentang peran organisasi ini dalam mendukung pemahaman pasar modal di kalangan mahasiswa. Pada Sesi LGD, mengangkat beberapa topik utama yang menarik untuk didiskusikan oleh para mahasiswa, dengan format yang tidak dipimpin oleh seorang moderator, topik-topik seperti “Get to Know” (untuk saling mengenal satu sama lain), deskripsi tugas dalam masing-masing organisasi, perbedaan mendasar antara kedua KSPM, serta berbagai insight dari setiap peserta akan didiskusikan secara aktif. Tujuan dari LGD ini adalah untuk memfasilitasi pertukaran ide dan pengalaman antar mahasiswa sehingga tercipta diskusi yang kaya dan bermanfaat bagi pengembangan organisasi masing-masing.

Sesi Games

Selain itu, untuk menambah keseruan acara, peserta bermain permainan  “Tebak Emiten dan Istilah-Istilah dalam Dunia Ekonomi” yang dipandu oleh KSPM FEB UI. Dalam permainan ini, peserta diminta untuk menebak nama perusahaan atau emiten berdasarkan gambar yang diberikan. Selain meningkatkan keakraban, game ini juga berfungsi sebagai cara yang interaktif untuk memperdalam pengetahuan peserta mengenai emiten di pasar modal Indonesia, serta mengenalkan peserta pada dunia saham secara lebih menyenangkan.

Studi Banding ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi relevan sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja masing-masing organisasi. Kegiatan ini diharapkan mampu membantu meningkatkan hubungan dan pengetahuan tentang situasi, kondisi, dan program kerja KSPM FEB UPNVJ dan KSPM FEB UI. Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan dapat memperluas wawasan mereka terkait pasar modal. Selain memberikan wawasan baru bagi mahasiswa, kegiatan Studi Banding ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi organisasi mahasiswa itu sendiri. Dengan mempelajari praktik-praktik terbaik dari organisasi yang dikunjungi, diharapkan organisasi mahasiswa dapat mengadopsi metode atau sistem yang lebih efektif dalam menjalankan kegiatannya.

Share :
Tags: