Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta
Pengumuman Pemenang BI Corner Competition

FEBUPNVJ – Pada Sabtu, 28 September 2024, BI Corner Study Club menggelar kegiatan seminar sebagai puncak acara dari program kerja BI Corner Competition 2024. Seminar ini diselenggarakan secara offline di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika, Gedung Rektorat Lantai 4, UPN “Veteran Jakarta, yang dihadiri oleh 97 partisipan. Seminar BICC 2024 mengangkat tema “Enhanced Financial Literacy and Get To Know PCPM Bank Indonesia yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan keluarga mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta terkait pentingnya literasi keuangan bagi generasi Z sehingga mampu berkontribusi positif di masa depan, khususnya dalam menunjang karir.

Seminar BICC 2024 menghadirkan 2 Narasumber yang ahli dalam bidangnya. Narasumber pertama adalah seorang Akademisi UPN “Veteran” Jakarta, yaitu Dr. Donny Maha Putra, S. Kom., M. Ak yang membawakan materi mengenai Literasi Keuangan dengan berfokus pada “Time Value Of Money”. Selanjutnya, Narasumber kedua adalah seorang Asisten Manager Bank Indonesia, yaitu Muhammad Farhan Perdana, S. T. yang menyampaikan materi mengenai seleksi PCPM Bank Indonesia sebagai langkah regenerasi dalam pengawasan maupun pengelolaan kegiatan perekonomian di Indonesia.

Acara seminar dimulai dengan pembacaan doa dan  menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars Bela Negara, Lalu, dilanjutkan dengan sambutan hangat dari Dinda Arivia selaku Project Officer, Abiyyu Zikril selaku CEO BI Corner Study Club, dan Pembina BIC, yaitu Hani Novanti, S.Pi., M.M.  Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada kedua Narasumber yang telah berkenan untuk hadir dan menjadi pengisi materi dalam acara ini. Selain itu, beliau juga berharap dengan adanya seminar ini akan menambah wawasan terkait “Time Value Of Money” serta menjadi bekal bagi para peserta dalam menghadapi fluktuasi perekonomian Indonesia. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Dr. Donny Maha Putra, S. Kom., M. Ak selaku Dosen FEB UPNVJ dan juga Muhammad Farhan Perdana, S. T, selaku Asisten Manager dari Bank Indonesia yang telah berkenan untuk menjadi narasumber pada seminar kali ini. Saya berharap dengan adanya seminar ini dapat menambah wawasan peserta terkait Time Value Of Money serta menjadi bekal bagi para peserta dalam menghadapi fluktuasi perekonomian Indonesia”, ucap beliau. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sesi dokumentasi yang dipandu oleh Helen Margaretha selaku Master of Ceremony pada acara ini.

Pemaparan Materi Literasi Keuangan Oleh Dr. Donny Maha Putra, S. Kom., M. Ak

Masuk ke dalam inti acara, Dr. Donny selaku pembicara pertama menjelaskan bahwa time value of money adalah pergeseran secara value terhadap nilai sebuah mata uang di masa yang akan datang. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor, salah satunya karena tingginya tingkat inflasi. Nilai mata uang mungkin akan tetap, namun secara value mata uang tersebut telah mengalami pelemahan. “Uang 200 juta di tahun 2015 lebih berharga daripada uang juta di 2025. Kok bisa? Jawabannya sederhana. Uang di tahun 2015 tersebut dapat diputar atau diinvestasikan sebagai instrumen investasi. Dalam kurun waktu 10 tahun, dana Rp200 juta itu memiliki kesempatan untuk berkembang setelah diinvestasikan”, ujarnya. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang interaktif antara peserta dengan pembicara pertama dalam acara ini. Selanjutnya, Mas Farhan selaku pembicara kedua membawakan materi mengenai PCPM (Pendidikan Calon Pegawai Muda) Bank Indonesia yang merupakan jalur rekrutmen pegawai yang bertujuan untuk kaderisasi pemimpin masa depan dalam rangka mengisi posisi-posisi strategis di Bank Indonesia. Jalur rekrutmen PCPM ini terbagi menjadi 2, yaitu Targeted Recruitment (Campus Hiring) dan Open Recruitment (Jalur Umum). Pada pemaparannya, beliau sangat merekomendasikan pada generasi Z, khususnya keluarga mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta selaku peserta seminar untuk menjadi bagian dari Bank Indonesia melalui jalur PCPM ini untuk menunjang karir yang lebih cemerlang. “Saya sangat merekomendasikan ke kalian untuk mengikuti PCPM ini. Kenapa? Karena kalian akan memiliki career path yang jelas. Saat diterima kalian akan bekerja sebagai Asisten Manager. Kalian juga bisa dipromosikan menjadi Asisten Direktur dan sebagainya setelah kalian bekerja selama beberapa tahun, dengan catatan kalian memiliki pengalaman kerja yang baik selama menjadi bagian di Bank Indonesia”, ucapnya. Kemudian, sesi tanya jawab dibuka kembali dengan dipandu oleh Nazwa Alivia selaku Moderator pada acara Seminar BICC 2024.

Pemaparan Materi PCPM Bank Indonesia Oleh Muhammad Farhan Perdana, S. T

Setelah sesi pemaparan dan tanya jawab selesai, acara dilanjutkan dengan pemberian plakat serta goodie bag kepada para Narasumber yang telah mengisi acara ini. Di mana, pemberian plakat kepada para Narasumber dipandu oleh MC. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sesi games berupa Quizizz dan pemberian hadiah kepada para pemenang games dan penanya terbaik saat sesi tanya jawab berlangsung. Selanjutnya, sebagai puncak acara dari program kerja BI Corner Competition, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang BI Corner Competition, di mana juara I diraih oleh Tim Monetary Fun dari Universitas Indonesia, juara II diraih oleh Tim Bull dari UPN “Veteran” Jakarta, dan juara III diraih oleh Tim Diponomics dari Universitas Diponegoro. Setelah seluruh rangkaian inti terlaksana, acara ditutup oleh Helen Margaretha selaku Master of Ceremony pada Seminar BICC 2024. Demikianlah, kegiatan Seminar BICC 2024 oleh BI Corner Study Club telah terlaksana dengan lancar dan sukses.

Share :
Tags: