Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Kelompok Studi Mahasiswa Tax Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta mengadakan kegiatan Company Visit Annual (CONTINUAL) 2024ke kantor konsultan pajak PB Taxand pada hari Selasa (23/07/2024). Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 10.27 WIB ini dilaksanakan langsung di kantor PB Taxand di Setiabudi, Jakarta Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai profesi konsultan pajak kepada Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Tax Center. Kegiatan ini diikuti oleh anggota KSM Tax Center dan juga beberapa mahasiswa FEB UPNVJ. Kegiatan berlangsung dengan meriah hingga pukul 12.21 WIB.

“Acara company visit dari UPN Veteran Jakarta dengan PB Taxand ini sangat seru. Mahasiswanya aktif-aktif, baik dari PB Taxand memberikan pertanyaan pun jelas, sangat interaktif acara ini. Saya berharap dari acara ini bisa mengenalkan PB Taxand lagi khususnya ke mahasiswa UPN Veteran Jakarta dan memberikan wawasan ke mahasiswa UPN Veteran Jakarta untuk menyimpulkan bisa menjadi konsultan pajak di kemudian hari” ucap Ady Prawira Harsya, Senior Divisi Corporate Tax PB Taxand.

Pada kegiatan ini, PB Taxand memberikan dua sesi pemaparan. Sesi 1 berisi mengenai pengenalan divisi-divisi yang ada di PB Taxand yaitu Divisi Private Client yang di wakili oleh Stacia Jafar, Supervisor Private Client PB Taxand. Kemudian Divisi Corporate Tax oleh Senior Divisi Corporate Tax PB Taxand, Ady Prawira Harsya. Dan juga divisi Transfer Pricing oleh Senior Transfer Pricing PB Taxand, Niken Puspa Handayani. Dalam sesi ini, ketiga narasumber menjelaskan jobdesk masing-masing divisi, apa saja pekerjaan yang mereka lakukan setiap harinya. Tak hanya membahas mengenai pekerjaan pokok mereka, ketiga narasumber juga memberikan pernyataan bahwa prinsip work-life balance sangat diterapkan di PB Taxand. Hal tersebut didukung dengan kegiatan-kegiatan outing yang dilaksanakan setiap grup, divisi, maupun satu kantor baik itu hanya sekedar makan malam bersama hingga berekreasi ke luar negeri.

Selain itu, di sesi selanjutnya ada penyampaian sesi 2 yang menyampaikan pengenalan PB Taxand sebagai Konsultan Pajak. Sesi ini diisi oleh perwakilan dari supervisor divisi HR. Dalam sesi ini, dijelaskan sejarah menarik mengenai proses membangun kantor konsultan pajak PB Taxand yang sudah berdiri selama 28 tahun. Selain itu, juga dijelaskan benefit yang didapatkan seluruh karyawan PB Taxand baik itu gaji pokok bulanan, asuransi, THR, dan banyak benefit menarik lainnya. Tak hanya sampai situ, dijelaskan pula bagaimana alur calon karyawan yang ingin melamar pekerjaan di PB Taxand. Walaupun karyawan baru harus merintis karirnya sebagai junior konsultan terlebih dahulu, namun PB Taxand menjamin jika karyawannya memiliki jiwa kompeten dan dapat bersaing, akan diberikan kenaikan jabatan ke senior konsultan, supervisor, manager, hingga partner konsultan pajak. Kini, PB Taxand memiliki total 16 partner dengan 15 partner di cabang Jakarta dan 1 partner di cabang Surabaya. Sesi ini dibawakan dengan sangat menarik sehingga seluruh peserta dapat mengikuti pembawaan narasumber dengan sangat baik.

Kegiatan ini tak hanya diisi oleh pemaparan materi oleh PB Taxand, diberikan pula sesi interaktif tanya-jawab antara peserta dan juga dari PB Taxand. Adanya pertanyaan-pertanyaan menarik yang ditanyakan peserta kepada PB Taxand sehingga PB Taxand merasa senang karena pertanyaan yang diberikan merupakan pertanyaan yang bagus dan berbobot. Selain itu, PB Taxand juga memberikan mini quiz yang berhadiah kepada total 4 orang yang dapat menjawab dengan benar pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan PB Taxand. Sesi ini dilakukan dengan sangat aktif antara peserta dan narasumber.

Kegiatan ini berakhir tepat pada pukul 12.21 WIB setelah pemberian doorprize kepada penanya terbaik dan para penjawab quiz serta pemberian plakat dari Kelompok Studi Mahasiswa Tax Center UPN “Veteran” Jakarta. Besar harapan kami bahwa kegiatan bermanfaat seperti company visit ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya oleh Kelompok Studi Mahasiswa Tax Center UPN “Veteran” Jakarta dan dapat bermanfaat kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini.

Share :