Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

Dalam era globalisasi dan digitalisasi saat ini, kerjasama antar organisasi menjadi semakin penting. Menghadapi tantangan dunia bisnis yang semakin kompleks, Entrepreneur Learning Center (ELC) dan Enterprise Development Center (EDC) berinisiatif mengadakan studi banding sebagai upaya strategis untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi

Enterprise Development Center UPN “Veteran” Jakarta periode 2024 telah menyelenggarakan Benchmarking Talks bersama dengan Entrepreneur Learning Center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada hari Kamis, 4 Juli 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara offline di Auditorium BEJ Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Kegiatan Benchmarking Talks ini dihadiri oleh seluruh anggota Enterprise Development Center dan Entrepreneur Learning Center yang diikuti 72 partisipan. Benchmarking Talks ini dilaksanakan pada pukul 08.30 WIB hingga 12.00 WIB.

Kegiatan studi banding antara Entrepreneur Learning Center dan Enterprise Development Center bertujuan untuk meningkatkan kompetensi anggota melalui sesi pemaparan dan diskusi, mempererat hubungan antar organisasi, mengembangkan jaringan, serta meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam program kerja. Setelah kegiatan ini berakhir, diharapkan dapat memperkuat sinergi antara ELC dan EDC, mendukung pengembangan diri anggota, meningkatkan komunikasi yang harmonis, dan menciptakan dukungan serta kolaborasi berkelanjutan antara kedua organisasi.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan acara oleh MC pada pukul 08.30 WIB dengan pembacaan tata tertib acara dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan oleh Ittaqie Tafuzie selaku Ketua Pelaksana dari Entrepreneur Learning Center UIN Jakarta

“Dengan adanya stuban kali ini saya yakin akan memberikan banyak manfaat dari pihak UIN maupun UPN karena kita bisa berbagi ilmu dan bertukar pikiran terutamanya pada bidang entrepreneurship.

Lalu, sambutan dari Rafly Harahap selaku Ketua Pelaksana Benchmarking Talks Enterprise Development Center UPN “Veteran” Jakarta.

“Pada acara studi banding ini tidak hanya mempertemukan kita semua, tetapi juga membuka peluang untuk berbagi ilmu, pengalaman, dan inovasi dalam dunia wirausaha.”

Kemudian, sambutan diberikan oleh Fatur Andrean selaku Ketua Umum Entrepreneur Learning Center UIN Jakarta

“Melalui studi banding kali ini kami berharap akan memberikan transformasi untuk meningkatkan dan mengembangkan dari pihak EDC maupun ELC melalui melihat sudut pandang lain dari organisasi yang berbeda seperti dari segi pengembangan sumber daya manusia, operasional serta marketing

Lalu, sambutan dari Raqul Achmad Ash Shiroth selaku President Enterprise Development Center (EDC) UPN Veteran Jakarta.

“Dengan diadakannya kegiatan ini, dapat terlahir kerja sama-kerja sama baru, insight-insight positif, serta networking dengan jaringan-jaringan baru”

Sambutan penutup disampaikan oleh Ibu Ranila Suciati, SE., MM., CFP selaku Pembina Enterprise Development Center UPN “Veteran” Jakarta

“Diharapkan kedepannya bisa berkolaborasi agar menjadi wadah bagi para entrepreneurentrepreneur baru di tiap universitasnya masing-masing sehingga nanti dapat menghasilkan mahasiswa yang bermanfaat bagi pribadi maupun universitasnya masing-masing”

Pada pukul 09.15 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari BPH ELC dan BPH EDC yang berlangsung selama 45 menit. Presentasi ini memberikan gambaran mengenai struktur organisasi, program kerja, dan strategi masing-masing organisasi.

Pada presentasi masing-masing organisasi, dapat disimpulkan bahwa susunan kepengurusan dan cara pengelolaan program kerja kedua organisasi cukup berbeda. ELC sendiri di dalamnya terdapat 3 bidang yang membawahi masing-masing departemen lagi. Sedangkan EDC terdapat 6 departemen yang otonom tanpa diatasi oleh bidang. Dari segi program kerja juga dari pihak ELC hanya terdapat 1 program kerja di tiap-tiap departemennya masing-masing, sedangkan di EDC pada tiap departemennya mengerjakan beberapa program kerja lebih dari satu di departemennya masing-masing Setelah sesi pemaparan, acara dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD)  pada pukul 10.00 WIB dengan kelompok yang sudah ditentukan oleh panitia. Masing-masing anggota dari Enterprise Development Center UPNVJ dan ELC UIN Jakarta langsung berbaur sesuai kelompok yang sudah ditentukan. Seluruh peserta berpartisipasi aktif dalam diskusi mengenai program kerja, tantangan yang dihadapi, dan strategi pengembangan organisasi. Sesi ini berlangsung selama 45 menit dan menjadi ajang untuk saling bertukar ide dan solusi.

Acara dilanjut dengan sesi games dengan tujuan mempererat hubungan antar anggota dengan cara yang menyenangkan. Setelah sesi games, dilakukan penyerahan plakat dan hadiah untuk pemenang games sebagai tanda apresiasi atas partisipasi aktif mereka.

Share :
Tags: