Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Muswayarah Regional (MUREG) merupakan acara tahunan yang diadakan oleh FoSSEI Jabodetabek bekerjasama dengan KSEI USEFUL sebagai tuan rumah pertemuan regional tahun ini. Kegiatan Mureg ini dimaksudkan untuk melaporkan pertanggungjawaban pengurus FoSSEI Jabodetabek, pemilihan koordinator regional Jabodetabek, menetapkan tuan rumah untuk agenda di kepengurusan FoSSEI berikutnya, serta mempererat silaturahmi antar KSEI se-Jabodetabek.

Sebagai tambahan rangkaian Mureg tahun ini, akan dilanjutkan dengan agenda Series Useful of Economic Sharia Events (SUCCESS) dengan kegiatan National Workshop Copywriting & SEO yang diadakan oleh KSEI USEFUL FEB UPNVJ. Kegiatan ini diisi oleh dua praktisi di bidang copywriting dan seo, yaitu Erlinda Sukmasari sebagai professional copywriter dan Tubagus Imam Satrio sebagai SEO Specialist di IDN Media. Agenda workshop ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat belajar mahasiswa untuk terus meningkatkan kompetensi skill dan eningkatkan kompetensi skill copywriting dan SEO mahasiswa di bidang digital marketing.

Kegiatan SUCCESS X MUREG 2023 telah dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, 21-22 Oktober 2023 dan dilaksanakan di dua tempat. Agenda Musyawarah Regional (Mureg) diadakan di Wamy Indonesia, Jl. Moch. Kahfi II No.42, RT.8/RW.8, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan. Sedangkan Series Useful of Economic Sharia Events (Success) diadakan di Aula BEJ lantai 4, Gd. M.H. Thamrin, FEB UPN Veteran Jakarta.

Kegiatan SUCCESS X MUREG 2023 dihadiri oleh 86 peserta. Peserta terdiri dari  Delegasi KSEI dari FoSSEI Regional Jabodetabek dengan total 20 KSEI se-Jabodetabek pengurus FoSSEI Regional Jabodetabek, seluruh anggota aktif KSEI USEFUL UPNVJ beserta panitia, Alumni FoSSEI Jabodetabek dan Nasional, serta mahasiswa UPN Veteran Jakarta & Masyarakat Umum (hanya National Workshop Copywriting & SEO).

Agenda Mureg dimulai pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023 diawali dengan pembukaan MC pada pukul 09.30, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Bela Negara, Mars FoSSEI, serta sambutan-sambutan. Acara inti dimulai dengan Sidang Pendahuluan (Pemilihan Pimpinan Sidang dan Pembahasan Tata Tertib Sidang), kemudian dilanjut dengan Sidang Pleno 1 (Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban FoSSEI Jabodetabek) dan pengesahan LPJ. Pada malam harinya pukul 20.00 kegiatan Sidang Komisi dengan rincian kegiatan:

  • Komisi A : Pembahasan AD/ART dan TKO FoSSEI
  • Komisi B : Pembahasan Blueprint FoSSEI 2025 dan Kode Etik Presidium Nasional
  • Komisi C : Pembahasan Tema Nasional

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan grand design calon koordinator regional Jabodetabek dan ditutup dengan agenda fit and proper test cakoreg.

Keesokan harinya kegiatan dilanjut dengan National Workshop Copywriting & SEO yang dibuka dengan pembukaan MC pada pukul 09.00, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Bela Negara, Mars FoSSEI, serta sambutan-sambutan. Acara inti dibuka oleh moderator dengan perkenalan narasumber, dilanjutkan pemaparan narasumber 1 yang membahas mengenai copywriting, pemaparan narasumber 2 yang membahas mengenai SEO, serta tanya jawab oleh peserta dan narasumber. Kegiatan ditutup dengan closing statement narasumber, penyerahan plakat, dan foto bersama.

Pemaparan materi copywriting disampaikan oleh Ibu Erlinda Sukmasari. Salah satu materi copywriting yang disampaikan yaitu “Salah satu formula copywriting yaitu FAB [Feature (karakteristik produk), Advantage (Kelebihan produk), Benefit (Manfaat produk)]. Contohnya yaitu:

  • F : Ini nih, 100% Coklat Asli!
  • A : Minuman cokelat premium dari chocolate. Karena terbuat dari 100% cokelat asli, minumannya kental dan enak banget!
  • B : Sehat untuk jantung karena terbuat dari biji kakao. Rendah gula, jadi aman dikonsunsi setiap hari”.

Kemudian, pemaparan materi SEO disampaikan oleh Tubagus Imam Satrio. Salah satu materi SEO yang disampaikan oleh Bapak Tubagus yaitu “SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut”.

Setelah ISHOMA agenda mureg kembali dilanjut pada pukul 13.00 dengan kegiatan Sidang Pleno 2 (Pengangkatan Koordinator Regional FoSSEI Jabodetabek dan Pengumuman Calon Presidium Nasional), Sidang Pleno 3 (Penetapan dan Pengesahan Tuan Rumah Event FoSSEI Regional Jabodetabek, Penetapan KSEI baru dan Pemberhentian KSEI lama), dan Pemberian Apresiasi untuk Tuan Rumah setiap Event Regional 2023. Kegiatan SUCCESS x MUREG ditutup dengan penutupan dan sesi dokumentasi pada pukul 16.00 WIB.

Share :