Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Pada hari Sabtu (21/10/2023) telah dilaksanakan Accounting Camp 2023 dengan mengusung tema “A Leader With Integrity To Grow The Quality of S1 Akuntansi” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Accounting Camp ini diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom., berlangsung selama 455 menit, mulai pukul 08.01 WIB – 16.36 WIB dengan jumlah partisipan sebanyak 212 orang, yang terdiri dari Mahasiswa S1 Akuntansi Angkatan 2023, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Acara kami memiliki lima materi yang terdiri dari Persidangan, Perlombaan, Budaya S1 Akuntansi, Etika dan Retorika, serta Kepanitiaan. Accounting Camp 2023 ini dibuka oleh Jazman Jakeem dan Pesta Tesalonika Silaban selaku MC. Dan Variant Zulfadhli Jazmi, selaku Sekretaris Jendral dari Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) FEB UPNVJ memberikan materi Persidangan sebagai materi pertama dalam acara ini, sebelum narasumber lain memaparkan materinya. Pada materi ini, narasumber menjelaskan dengan detail mengenai persidangan yang terjadi di MPM FEB UPNVJ, seperti jenis persidangan dan mekanisme bersidang. Materi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan gambaran kepada mahasiswa terhadap tata cara dan mekanisme persidangan di lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Materi selanjutnya adalah Perlombaan yang dibawakan oleh Meiwindriya Mutya Gading, selaku salah satu Mahasiswa Berprestasi dari FEB Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Materi ini berisi kegiatan yang berhubungan dengan perlombaan. Materi yang disajikan berupa pengertian perlombaan, tata cara perlombaan, tim lomba S1 Akuntansi, dan tips-tips seputar perlombaan. Materi yang dibawakan sangat menarik dan memberikan pemahaman kepada mahasiswa baru tentang perlombaan. Materi ini diharapkan dapat meningkatkan minat mahasiswa dalam mengikuti perlombaan guna mendongkrak prestasi dan membawa nama harum S1 Akuntansi.

Materi ketiga adalah Budaya S1 Akuntansi UPNVJ yang dibawakan oleh Indra Saputra dan Shafa Wahyu Nadafaira selaku Ketua Angkatan 2020 S1 Akuntansi UPNVJ. Materi ini menjelaskan tentang budaya-budaya yang ada di dalam S1 Akuntansi UPNVJ, seperti panggilan untuk kakak tingkat dan lain sebagainya. Selanjutnya, terdapat materi yang berhubungan dengan pengalaman narsumber tentang perkuliahan di S1 Akuntansi. Narasumber juga menyampaikan makna kekeluargaan dan kerukunan mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Selain itu, narasumber juga berpesan agar mahasiswa S1 Akuntansi dapat berpegang teguh pada kerukunan, integritas, dan kepercayaan antar satu sama lain.

Materi selanjutnya adalah Etika dan Retorika yang diisi oleh Jagad Satrio Hussein dan Fahmi Adnan Assyaeid. Materi ini berisi tentang cara berperilaku dalam kehidupan kampus serta cara menyampaikan informasi dengan jelas dan benar. Materi ini bertujuan agar mahasiswa dapat menerapkan perilaku sopan santun dimanapun mereka berada. Kemudian, mahasiswa diharapkan dapat menyampaikan suatu informasi di saat yang tepat dengan jelas dan benar agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Materi terakhir adalah Kepanitiaan yang dibawakan oleh Fadhil Alfarisi dan Fahmi Lesmana Hadi Putra, selaku mahasiswa aktif S1 Akuntansi angkatan 2021 yang sering terjun ke dalam kegiatan kepanitiaan yang ada di ruang lingkup Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Materi ini berisi tentang kegiatan kepanitiaan yang bersangkutan dengan S1 Akuntansi. Narasumber juga menjelaskan manfaat-manfaat dari kepanitiaan/organisasi. Selain itu, narasumber juga menjelaskan mekanisme pembuatan suatu acara secara baik dan benar.

Setelah seluruh materi dibawakan oleh seluruh narasumber, terdapat sesi tanya jawab yang diadakan setiap materi selesai dibawakan oleh narasumber. Pada sesi tanya jawab, partisipan terlihat aktif dalam memberikan pertanyaan seputar materi-materi yang dibawakan dalam acara ini dan seluruh narasumber mampu menjawab pertanyaan partisipan dengan baik.

Partisipan dalam acara ini memiliki antusiasme yang tinggi dalam mengikuti acara dari awal hingga akhir. Acara ini ditutup dengan briefing partisipan untuk peraturan Day 2 Accounting Camp yang akan dilaksanakan pada 28 Oktober 2023.

Share :