Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Jumat. 7 Juli 2023 telah dilaksanakan hari pertama dari acara THOR: The Next Auditor 2023 dengan mengusung tema “A Couple Ways to be A Good and Expert Auditor”. Acara ini berlangsung secara offline di Gedung Supomo D 303 dan D 304 FEB UPN Veteran Jakarta. Acara ini dimulai dari pukul 08.00 – 15.00 WIB acara ini dihadiri oleh 26 orang peserta kegiatan THOR:The Next Auditor 2023 yang merupakan mahasiswa/I S1 Akuntansi Angkatan 2019, 2020, dan 2021. Acara dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan yang diberikan oleh Ketua Program Studi S1 Akuntansi FEB UPN Veteran Jakarta yaitu Bapa Andy Setiawan S. Pd., M. Ak. Yang sekaligus mewakili sambutan dari Dekan FEB UPN Veteran Jakarta. Selanjutnya adalah laporan kegiatan yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana dari Kegiatan THOR: The Next Auditor 2023 yaitu Iga Purnama Mukti sekaligus mewakili sambutan dari Ketua Himpunan Mahasiswa S1 Akuntansi. Sebelum masuk ke dalam materi MC membacakan tata tertib serta CV dari keempat narasumber yang mengisi acara.

THOR: The Next Auditor 2023 diisi oleh empat narasumber yaitu Danang Suryo Hadi Nugroho, Amran Marzuqi, Ihramsjah Muhamad Sadikin, dan Hani Arlina Putri. Setelah rangkaian pembukaan dan sambutan telah dilaksanakan, THOR 2023 dilanjutkan dengan materi pertama yaitu Fundamental Audit yang disampaikan oleh Danang Suryo Hadi Nugroho selaku narasumber dari THOR: The Next Auditor 2023. Pada materi pertama ini narasumber memberikan penjelasan mengenai alasan mereka memilih untuk bekerja sebagai auditor, bagaimana pengalaman mereka selama bekerja sebagai auditor, cara menjadi junior auditor yang baik, manfaat yang didapatkan, proses rekruitmen, tantangan dan perkembangan bekerja sebagai auditor, dan bagaimana jejak karir dari auditor. Di akhir pemberian materi Fundamental Audit peserta diberikan kesempatan untuk bertanya di Q&A Session. Pada sesi tersebut banyak peserta yang aktif untuk bertanya kepada para narasumber. Setelah narasumber menjawab seluruh pertanyaan dari peserta THOR: The Next Auditor 2023, narasumber menjelaskan kembali atau melakukan review secara singkat beberapa hal penting yang berkaitan dengan materi pertama di acara THOR: The Next Auditor 2023 yaitu Fundamental Audit.

Materi pertama yang telah selesai dijelaskan oleh narasumber dilanjutkan dengan materi kedua yaitu Training Soft Skill. Pada sesi ini narasumber memberikan pelatihan mengenai auditor yaitu penggunaan excel dengan menggunakan beberapa data yang diberikan oleh narasumber setelah itu data tersebut akan diolah untuk keperluan audit. Materi Training Soft Skill dibagi menjadi dua sesi karena terpotong oleh waktu istirahat. Sesi kedua dari Training Soft Skill dilanjutkan setelah waktu ISHOMA. Sesi kedua ini berfokus untuk menyelesaikan data-data excel yang telah diberikan di sesi pertama. Setelah pelaksanaan Training Soft Skill selesai dilakukan, acara dilanjutkan dengan membuka sesi Q&A. Pada sesi ini peserta THOR 2023 tetap aktif bertanya kepada narasumber. Seluruh pertanyaan yang diberikan peserta pada materi kedua telah terjawab, sehingga narasumber memberikan sedit review dari materi kedua yaitu Training Soft Skill.

Pemberian materi pertama yaitu Fundamental Audit dan materi kedua yaitu Training Soft Skill telah diberikan oleh narasumber. Selanjutnya acara THOR: The Next Auditor 2023 dilanjutkan dengan melakukan games yang diikuti oleh seluruh peserta. Games yang dilaksanakan pada hari pertama THOR: The Next Auditor 2023 adalah Kahoot. Pemenang dari kuis Kahoot ini adalah Adam Muhammad Satria, Aria Budi Abraham, dan Alya Yasmin. Setelah games selesai dilakukan, THOR: The Next Auditor 2023 hari pertama ditutup dengan sesi foto bersama peserta dan narasumber. Setelah dokumentasi selesai dilakukan hari pertama dari THOR: The Next Auditor 2023 ditutup oleh MC.

Kegiatan THOR: The Next Auditor 2023 hari kedua dimulai dengan pembukaan yang dilakukan oleh MC pada pukul 08.00 pagi. Sebelum masuk ke materi pertama, terdapat sesi review mengenai materi yang sudah diberikan di hari pertama, pada sesi ini terdapat dua peserta yang memberikan review mengenai materi yang telah diberikan oleh narasumber di hari pertama kegiatan THOR: The Next Auditor 2023 yaitu Carissa Angelique Febryan dan Muhammad Rafif. Selanjutnya materi pertama di hari kedua yaitu Basic Audit mulai dipaparkan oleh narasumber, pada sesi ini narasumber menjelaskan dasar-dasar dari audit seperti ap aitu audit, tujuan audit, konsep dasar, bukti audit, materialitas, pengendalian internal, tahapan dari audit, prosedur analitis, penyelesaian audit, dan penerbitan laporan audit. Narasumber menjelaskan materi tersebut dengan jelas serta memberikan beberapa contoh. Sama seperti hari pertama setelah narasumber selesai menjelaskan dan memaparkan materi, diadakan sesi Q&A dan juga sedikit review mengenai materi Basic Audit. Walaupun kegiatan ini sudah berjalan selama dua hari, peserta tetap aktif dalam memberikan pertanyaan kepada narasumber.

Materi kedua di hari kedua THOR: The Next Auditor 2023 yaitu Practical Audit mulai dipaparkan oleh narasumber setelah selesai dengan rangkaian sesi di materi pertama. Pada sesi ini peserta dan narasumber menyelesaikan suatu data yang telah disiapkan yaitu PT ABC untuk keperluan audit. Materi ini terbagi menjadi dua sesi dikarenakan terpotong oleh waktu ISHOMA. Setelah ISHOMA materi Practical Audit dilanjutkan oleh narasumber. Di sesi ini juga narasumber membantu setiap peserta yang kesulitan atau memiliki pertanyaan. Narasumber menjelaskan setiap tahapan yang harus dilakukan oleh setiap peserta dengan jelas dan mendetail. Hal tersebut untuk menghindari adanya kesalahan ataupun terdapat tahapan yang terlewat atau tidak dilakukan.

Setelah peserta dan narasumber telah selesai menyelesaikan data dari PT ABC tersebut, narasumber memberikan sedikit review dari keseluruhan materi di hari pertama dan kedua. Selanjutnya, dikarenakan seluruh materi telah dipaparkan oleh narasumber, Project Officer dan Vice Project Officer dari THOR: The Next Auditor 2023 memberikan plakat kepada keempat narasumber yang telah memberikan materi selama dua hari sebagai bentuk terima kasih dan apresiasi panitia THOR: The Next Auditor 2023 kepada keempat narasumber yang telah bersedia mengisi acara selama dua hari lamanya. Sebelum acara THOR: The Next Auditor 2023 ditutup, narasumber, peserta, panitia melakukan sesi dokumentasi atau foto bersama dan membuat video singkat dengan mengucapkan tagline dari THOR: The Next Auditor 2023 yaitu “Work Hard, Train Harder, and be the Next Auditor”. Setelah sesi dokumentasi selesai dilaksanakan, MC menutup hari kedua atau hari terakhir dari kegiatan THOR: The Next Auditor 2023.

Share :