Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FLAKS1 2020 merupakan salah satu program kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi S1 (HMJ AKS1) dengan tujuan memberikan edukasi lebih mengenai dunia kerja kepada mahasiswa/audience. Tema yang telah diterapkan oleh FLAKS1 2020 yaitu “Future Leader Program for AKS1” dengan maksud kegiatan yang berbentuk edukasi dan praktik tentang keahlian profesional dalam bidang akuntansi di era modern ini yang akan disampaikan oleh Alumni Akuntansi S1. FLAKS1 2020 terdiri dari Sesi 1 dan Sesi 2. Pada Sesi 1, pembahasan dengan tema “Bedah Account Receivable pada Perusahaan” diisi oleh dua narasumber yaitu Beny Permadi (AKS1 1994), Specialist Credit Analyst at PT. SMART Telecom dan Wahyuni Purwaningtiyas (AKS1 1998), Account Receivable and Treasury Manager at PT. Glico Indonesia. Tema yang dibahas ini terkait pembelajaran mengenai implementasi ilmu akuntansi, khususnya terkait account receivable (piutang). Sedangkan pada Sesi 2, pembahasan dengan tema “Bedah Curriculum Vitae dan Tips Interview” diisi narasumber yaitu Huda Purwandoko (AKS1 2004), Human Resource Assistant Manager at NGK Busi Indonesia. Tema yang dibahas ini terkait cara pembuatan curriculum vitae yang menarik serta kiat-kiat (tips and trick) dalam melakukan wawancara kerja.

FLAKS1 2020 telah dilaksanakan pada Sabtu, 12 September 2020 bertempat di Google Meet dan dimulai oleh Sesi 1 pada pukul 08.30-11.00 WIB yang diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari Mahasiswa Akuntansi S1 angkatan 2017-2019. Sedangkan, FLAKS1 Sesi 2 dimulai pada pukul 13.00-15.30 WIB dan diikuti oleh 47 peserta yang berasal dari Pengurus HMJ AKS1 2020.

Pada Sesi 1, Acara ini diawali dengan pembukaan oleh MC dan membacakan tata tertib peserta dilanjutkan dengan membaca do’a kepada Tuhan YME agar acara ini dilancarkan. Acara dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh ketua pelaksana FLAKS1 2020, Afifah Sentani Rahma Nia Luhri yang berisikan menjelaskan rangkaian kegiatan dari FLAKS1 2020 Sesi 1. Setelah itu diadakan sambutan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Ibu Dr. Dianwicaksih Arieftiara, SE, Ak, M.Ak, CA, CSRS. Dilanjutkan dengan Pre Test tentang Account Receivable melalui Quiziz yang diikuti oleh seluruh peserta. Setelah itu, MC menyerahkan acara kepada moderator yaitu Tri Budi Satrio (AKS1 2007). Acara inti dimulai dan dibuka dengan pembacaan CV narasumber, Beny Permadi (AKSI 1994) dan Wahyuni Purwaningtiyas (AKS1 1998) oleh moderator. Pemberian materi dengan tema “Bedah Account Receivable pada Perusahaan” oleh kedua narasumber berisikan tentang ilmu dan pembelajaran kepada peserta FLAKS1 2020 mengenai penerapan alur akun account receivable (piutang usaha) disetiap perusahaan, seperti pencatatan piutang, penagihan piutang, dan penyisihan piutang serta penghapusan piutang. Sebelum acara ditutup, dibuka sesi tanya jawab antara narasumber dan audience yang dipandu oleh moderator. Setelah itu, pengumuman pemenang hadiah oleh MC untuk pemenang Quizizz yaitu Abi Ardiwijaya dan 3 pertanyaan terbaik yaitu Rania Arabella, Syifa Rohadatul Aisy dan Dinda Azhari Faisal.

Pada Sesi 2, Acara ini diawali dengan pembukaan oleh MC dan membacakan tata tertib peserta dilanjutkan dengan membaca do’a kepada Tuhan YME agar acara ini dilancarkan. Acara dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh wakil ketua pelaksana FLAKS1 2020, Muhammad Rafli Antariksa Ali yang berisikan menjelaskan rangkaian kegiatan dari FLAKS1 2020 Sesi 2. Setelah itu diadakan sambutan oleh Ketua Program Studi Akuntansi S1, Bapak Andi Manggala Putra, SE., M.Sc., CGP. Setelah itu, MC menyerahkan acara kepada moderator yaitu Irfan Gustami (AKS1 2006). Acara inti dimulai dan dibuka dengan pembacaan CV narasumber, Huda Purwandoko, oleh moderator. Pemberian materi dengan tema “Bedah Curriculum Vitae dan Tips Interview” oleh narasumber berisikan tentang ilmu mengenai pengenalan kehidupan didunia kerja seperti pembuatan CV (Curiculum Vitae) serta tata cara wawancara yang baik dan benar. Sebelum acara ditutup, dibuka sesi tanya jawab antara narasumber dan audience yang dipandu oleh moderator. Setelah itu, pengumuman pemenang hadiah oleh MC untuk Peserta Teraktif yaitu Muhammad Daffa Wardhana, Peserta Terfavorit yaitu Pajrina Rizki, Pertanyaan Terbaik yaitu Ramadhan Aldino dan CV Terbaik yaitu yaitu Adinda Musyahida.

Share :