Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jumat, 18 September 2020, telah berlangsung Sekolah Pasar Modal Syariah yang dilaksanakan atas kolaborasi antara HMJ Ekonomi Syariah UPN Veteran Jakarta dengan KSPM UPN Veteran Jakarta. Sekolah Pasar Modal Syariah ini bertemakan “Building Islamic Capital Market Literacy In The Millennial Era”. Sambutan Sekolah Pasar Modal Syariah ini diberikan oleh Riesha Mawarni selaku ketua HMJ Ekonomi Syariah, kemudian dilanjut dengan sambutan juga diberikan oleh Pak Muhammad Anwar Fathoni, Lc, MA. selaku Kepala Prodi Ekonomi Syariah UPN Veteran Jakarta serta sambutan juga diberikan oleh Bu Dr. Dianwicaksih Arieftiara,SE., Ak., M.Ak., CA selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Vetaran Jakarta.

Pemateri pertama dalam Sekolah Pasar Modal Syariah ini adalah Pak Andri Muharizal Selaku Head Of Investment Gallery MNC Sekuritas. Beliau pernah menjadi Branch Manager di PT MNC Sekuritas pada tahun 2012 – 2016 dan memiliki sertifikasi sebagi Wakil Perantara Perdagangan Efek (WPPE), 2010. Beliau menyampaikan materi tentang Analisis Saham dan Pengenalan Aplikasi MNC Trade, selain itu beliau juga menjelaskan bagaimana cara menggunakan Aplikasi MNC Trade untuk membeli saham syariah.

Pemateri kedua dalam Sekolah Pasar Modal Syariah ini adalah Pak Rheza Andhika Pamungkas beliau merupakan perwakilan dari Bursa Efek Indonesia. Beliau pernah menjadi sebagai lembaga penyelenggara pasar modal (Self Regulatory Organizations / SRO) di unit media relasi Divisi Sekretaris Perusahaan sejak 2013 dan memiliki sertifikasi sebagai wakil perantara pedagang efek tahun 2009. Beliau memaparkan materi tentang Pengenalan Pasar Modal Syariah dan Literasi dari Bursa Efek, kemudian beliau juga menjelaskan tentang manfaat melakukan investasi di pasar modal syariah

Sekolah Pasar Modal Syariah ini terbuka untuk mahasiswa UPN Veteran Jakarta yang memiliki akun RDI. Sekolah Pasar Modal Syariah ini dimulai pada pukul 09.30 WIB dan berakhir pada pukul 14.35 WIB. Setelah proses tanya jawab selesai  dan setelah pemberian kuis. Sekolah Pasar Modal Syariah kali ini berlangsung melalui platform Aplikasi Zoom Meeting dengan alasan praktis, mudah terintegrasi, memberikan keamanan dan kenyamanan dalam melakukan presentasi dan komunikasi yang mana situasi saat ini masih berada dalam masa pandemi. Materi yang disampaikan sangat menarik, mudah dipahami, sangat informatif dan bermanfaat bagi mahasiswa yang ingin melakukan riset atau penyelesaian tugas akhir yang berakaitan dengan pasar modal syariah serta menambah informasi bagi mahasiswa yang baru membuka rekening saham syariah.

Share :