WEBINAR BAZNAS X KSEI UPVJ X HMJ EKONOMI SYARIAH UPNVJ

Pada hari selasa tanggal 21 Juli 2020 telah berlangsung Webinar yang dilaksanakan atas kolaborasi antara BAZNAS, KSEI USEFUL UPN Veteran Jakarta, dan HMJ Ekonomi Syariah UPN Veteran Jakarta. Webinar ini bertemakan “Publikasi dan Jaringan Agenda 2020: Perkembangan Riset dan Zakat di Indonesia”. Sambutan Webinar ini diberikan oleh Bu Dr. Jubaedah, S.E., MM., selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Vetaran Jakarta serta sambutan juga diberikan oleh Pak Muhammad Hasbi Zainal, Phd selaku Kepala Pusat Kajian Strategis Baznas RI.

Pemateri pertama dalam Webinar ini adalah Pak Ade Nur Rohim, S.E.I., M.E.I. Selaku dosen tetap pada jurusan Ekonomi Syariah UPN Veteran Jakarta. Beliau menyampaikan materi tentang sinergi riset dan pengelolaan zakat untuk mewujudkan ketahanan umat yang mencakup masalah kemiskinan dan pandemi yang hadapi sekarang, upaya yang dilakukan untuk mengatasi kemiskinan dengan zakat, serta membahas bagaimana pengembangan zakat yang baik untuk dilakukan.

Pemateri kedua dalam Webinar ini adalah Bu Ulfah Lathifah B.Sc, beliau merupakan Junior Researcher di Pusat Kajian Strategis Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan beliau merupakan lulusan dari International Islamic Boarding School (IIUM). Beliau pernah menjadi assistant secretary di World Zakat Forum dan pernah menjadi research intern di Departemen Ekonomi dan Keuangan Islam, Bank Indonesia. Beliau memaparkan materi tentang apa saja yang menjadi visi dan misi Pusat Kajian Strategis Badan Amil Zakat Nasional (PUSKAS BAZNAS), sejarah dari PUSKAS BAZNAS dari buku-buku, laporan, dan lainnya, kemudian beliau juga menjelaskan tentang dua produk dari PUSKAS BAZNAS, yaitu General Reports; Outlook Zakat dan Strategic Research IZN; Zakatnomics and others.

Pemateri ketiga dalam Webinar ini adalah Pak Fahmi Ali Hudaefi Msh. Fln, beliau merupakan Senior Researcher di Pusat Kajian Strategis Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Belia juga merupakan lulusan S2 Univerity of Malaya dan pernah menjadi internal audit di International Islamic Univerity of Malaya. Beliau melanjutkan paparan yang disampaikan oleh pemateri kedua yaitu memaparkan berupa produk-produk PUSKAS BAZNAS lainnya, kemudian beliau juga menjelaskan tentang apa saja pekerjaan yang telah dilakukan oleh PUSKAS BAZNAS yang sangat relevan untuk bidang akademis dari tahun 2016-2020, dan projek-projek PUSKAS BAZNAS yang sedang berjalan yang relevan dengan akademik.

Webinar ini terbuka untuk mahasiswa UPN Veteran Jakarta dan Webinar ini dimulai pada pukul 09.12 WIB dan berakhir pada pukul 11.30 WIB, setelah prosesi tanya jawab telah selesai diselesaikan dan setelah pemberian closing statement. Webinar kali ini berlangsung melalui platform Google Meet dengan alasan praktis, mudah terintegrasi, memberikan keamanan dan kenyamanan dalam melakukan presentasi dan komunikasi yang mana situasi saat ini masih berada dalam masa pandemi. Materi yang disampaikan sangat menarik, mudah dipahami, sangat informatif dan bermanfaat bagi mahasiswa yang ingin melakukan riset atau penyelesaian tugas akhir yang berakaitan dengan perkembangan dan pengimplementasian zakat.

Kaprogdi Ekonomi Syariah, Bapak Dr. (Cand) Muhammad Anwar Fathoni, Lc., MA turut hadir dalam membersamai Webinar kali ini serta memberikan closing statement. Beliau berterima kasih kepada narasumber dari pihak BAZNAS yang mana sudah memberikan ilmunya kepada mahasiwa UPN Veteran Jakarta yang mengikuti Webinar dan beliau juga berharap dengan adanya webinar ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas lagi terkait zakat kepada mahasiswa dan mempermudah mahasiswa dalam merancang skripsi sehingga bisa memperbanyak riset-riset tentang ekonomi syariah dan beliau juga berharap akan terus terjalin kerjasama antara BAZNAS dan UPN Veteran Jakarta dalam kegiatan lainnya dikemudian hari.

Galeri Foto Kegiatan :