Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Selasa 25 Agustus 2020, Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis melaksanakan kegiatan Circle On Makro Talks (COMOT) Seri II, kegiatan ini merupakan kegiatan kedua kalinya yang dilaksanakan bagi dosen jurusan ilmu ekonomi.

Kegiatan diawali oleh paparan penelirian dari Kaprodi Ekonomi Syariah dengan judul dilajutkan dengan pemaparan dari narasumber Bapak Sagap Aiktipo, SE., M.Si selaku Sub direktorat Statistik Industri Besar dan sedang dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Kegiatan Circle On Makro Talks (COMOT) Seri II ini mengangkat tema Tren dan Data Perkembangan Sektor Manufaktur terkait resesi ekonomi, dengan di hadiri oleh dosen tetap jurusan ilmu ekonomi serta para Dekan dan Wakil Dekan.

Bapak Sagap Aliktipo berpendapat bahwa perekonomian Indonesia khusunya triwulan kedua pada beberapa sektor industi mengalami kenaikan, walaupun mayoritas sektor turun perekonomiannya hal ini di sebabkan pandemi covid-19 yang mengakibatkan menurunnya seluruh sektor dalam hal pertumbuhan ekonomi, hal ini disertakan data kenaikan ekspor pada industri kertas berkisar 8,65 namun mayoritas industri mengalami penurunan. Serta Optimisme pertumbuhan meskipun faktor ekternal terdapat perang dagang, kebijakan moneter Amerika Serikat serta kondisi geopolitik menyebabkan ketidakpastian. Pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksikan mencapai 5,3 persen.

Kegiatan yang merupakan update data terkini mengenai kondisi perekonomian Indonesia yang di lihat mengenai sudut pandang makro ini dimaksudkan agar para dosen medapat khazanah pengetahuan dan informasi terkait kondisi ekonomi terkini. (M.A.F)

Share :