Fakultas Ekonomi dan Bisnis


Humas UPNVJ – 
Kurikulum Akuntansi Prodi Akuntansi UPN “Veteran” Jakarta sudah sesuai standar KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dimana capaian pembelajaran lulusan terdiri dari sikap, pengetahuan dan keterampilan. Implementasi KKNI dalam metode pembelajaran, selain itu,  mahasiswa wajib mengikuti sertifikasi professional dengan pengakuan skala nasional (National Recognize) yaitu USKAD (Ujian Sertifikasi Akuntansi Dasar) dari IAI (Ikatan Akuntan Indonesia), Brevet AB dari Lembaga Profesional di bawah Dirjen Pajak (Purnawarman), Sertifikasi Zahir, dan Sertifikasi Tehnisi Akuntansi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesional) standar P3.

Tim humas UPNVJ berkesempatan melakukan wawancara dengan Dr. Ni Putu Eka Widiastuti, S.E., M.Si., CSRS, selaku ketua jurusan Akuntasi dan juga sebagai salah satu tim ACCA untuk program studi S1 Akuntansi. Dalam wawancaranya, Ni Putu Eka menyampaikan bahwa dengan adanya persaingan secara Global bidang akuntansi bagi lulusan program studi akuntansi sarjana, membuat program studi S1 Akuntansi UPNVJ terpacu untuk mengajukan Akreditasi Kurikulum secara Internasional dan melakukan MOU kepada Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) yang berkantor pusat di United Kingdom. Tentunya berkat pendampingan dari ACCA Country HeadIndonesia, pengakuan kurikulum  program studi akuntansi sarjana dapat S1 Akuntansi UPNVJ peroleh. Sehingga, Kurikulum S1 Akuntansi sudah sesuai dengan ACCA-Global Professional Qualification. Dengan diraihnya akreditasi internasional ini maka akan memberikan banyak m anfaat bagi Program studi, Fakultas dan Universitas yaitu pengakuan/ Legitimasi dari Stake Holder terhadap daya saing lulusan program studi akuntansi sarjana, serta untuk pengakuan Global Professional Qualification. Dalam wawancaranya Ni Putu juga menjelaskan rencana dan target jurusan Akuntansi FEB UPNVJ selanjutnya adalah mampu  mempertahankan apa yang telah diperoleh selama ini, “Setelah kami meraih akreditasi internasional ini, kami memiliki target agar mampu  mempertahankan akreditasi program studi Akuntansi dari BAN PT yaitu “A”, dan meraih Akreditasi AUN QA, serta meraih akreditasi Institusi UPNVJ menjadi “A” dan semoga dengan adanya akreditasi kurikulum dari ACCA ini dapat menjadikan perubahan kualitas tridarma dosen tetap, kualitas lulusan akuntansi  sebagai world class study program  Bachelor in Accounting”. Ucapnya

Ni Putu Eka juga memberitahukan bahwa Program Studi S1 Akuntansi UPNVJ akan menggelar celebration sekaligus penandatangan MoU dalam rangka perolehan akreditasi internasional ACCA ini.

Share :