WORKSHOP PENGAJARAN PRAKTIKUM BANK MINI SYARIAH

Jum’at dan Sabtu 28-29 Juni 2019 telah dilaksanakan workshop pengajaran praktikum bank mini Syariah yang diikuti oleh Dosen tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang diproyeksikan mengajar mata kuliah tersebut pada semester Gasal TA. 2019/2020 untuk Program Studi Ekonomi Syariah Program Sarjana dan Perbankan dan Keuangan Program Diploma. Kegiatan dimulai dengan pembacaan Do’a dan Menyayikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara yang menjadi ciri Khas UPN Veteran Jakarta yang dikenal Dengan Kampus Bela Negara. Pelaksanaan Kegiatan di Bank Mini Lt IV Gedung Rektorat tersebut berjalan dengan penuh antusias, dimana para Dosen (Tenaga Pengajar) diinduksi materi mengenai praktik bank mini Syariah.

Pada Sesi I hari pertama kegiatan yang menghadirkan Narasumber Yuke Rahmawati, S.Ag., MA yang merupakan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah ini memberikan materi mengenai Teknik pengajaran bank mini syariah, dimana materi dimulai dari teori mengenai pebakan mulai dari perbedaan antara Bank Konvensional dan Bank Syariah mengenai kontekstual transaksi dan teknik pelayanan sampai hal yang mengandung riba dan perbedan sistem bunga dan bagi hasil berdasar akad transaksi, Bu Yuke pun memberikan simulasi menjadi teller dan customer service kepada Dosen yang mengikuti workshop tersebut. Setiap Dosen disimulasikan menjadi teller dan Customer Service mulai dari tata cara salam, pelayanan, proses transaksi sampai selesai.

Pada sesi ke II hari pertama Dosen yang telah menerima materi dan simulai pada sesi pertama diproyeksikan untuk membuat Rencana Pembelajaran Semester yang langsung dipimpin oleh Kaprodi Ekonomi Syariah. Proses penyusunan dilakukan bersama dan mengacu pada RPS UIN Syarif Hidayatullah yang telah menjalankan dan membuat Praktikum Bank Mini Syariah, namun dengan menelaah apakah materi tersebut dapat di Implementasikan pada Prodi Ekonomi Syariah mengingat prodi tersebut merupakan Prodi baru di lingkungan UPN Veteran Jakarta, sehingga pengiplementasian materi masih menyesuaikan kemampuan dan learning objective yang ingin di hasilkan serta mengacu pada peahaman mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah mejadi basic untuk menju ke Praktikum Bank Mini Syariah.

Pada Hari kedua yaitu sabtu 29 Juni 2019 menghadirkan dua narasumber yaitu Abdul Rojak, SE yang merupakan Network and Logistic Departement Head dari PT BRI Syariah dan Deni Setiawan, S.Kom yang merupakan IT Officer PT Bri Syariah. Kedua narasumber menstimulun Dosen mengenai bagaimana cara menggunakan dan mengoperasikan aplikasi salam BRIS, karena nantinya aplikasi tersebut yang akan digunakan untuk mengajar Praktikum Bank Mini Syariah, dimana Dosen diberikan petunjuk teknis serta proses dan manual book untuk mengoprasikan aplikasi tersebut secara sistematis dan berurut. Dimana dosen disimulasikan menjadi teller atau menjadi customer service dengan memberikan case bahwa akan ada nasabah yang ingin membuka rekening baru bagaimana prosesnya  diaplikasi tersebut, sampai nasabah menyetor tunai atau Tarik tunai dipraktikan menggunakan aplikasi tersebut. Dimana para Dosen sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, proses pembelajaran aplikasi Salam BRIS ini diakhiri dengan mencetak transaksi yang telah dilakukan oleh masing-masing Dosen.

Kegiatan ini merupakan hal yang sangat penting bagi para Dosen mengingat dosen diproyeksikan mengajar dengan acuan dan learning objective yang baru sehingga ini akan menjadi dasar awal dari mata kuliah maupun Lab Praktikum Bank Mini Syariah di Program Studi Ekonomi Syariah yang notabane merupakan Prodi Baru di lingkungan UPN Veteran Jakarta. Kegiatan diakhiri dengan pembagian sertifikat dan foto bersama antara Narasumber dengan Dosen Tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Galeri Foto Kegiatan :

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *