FEBUPNVJ – Pada Kamis (14/11/2024) Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta mengadakan acara Gebyar Produk, sebuah kegiatan kewirausahaan yang merupakan bagian dari mata kuliah wajib di fakultas ini. Acara ini diselenggarakan untuk mendorong para mahasiswa agar dapat langsung mengaplikasikan ilmu kewirausahaan mereka dengan melakukan penjualan produk maupun jasa di stand-stand yang telah disediakan. Mahasiswa dari berbagai jurusan berkumpul untuk menjual produk-produk mereka yang bervariasi, mulai dari makanan, produk fashion, hingga layanan jasa.
Acara ini dibuka oleh sambutan dari Jubaedah selaku Dekan FEB UPNVJ. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan Gebyar Produk merupakan bagian dari proyek mata kuliah kewirausahaan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut. Dalam sambutannya, Ibu Jubaedah menyatakan, “Gebyar produk ini merupakan kegiatan dari proyek mata kuliah wajib fakultas, sehingga seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah kewirausahaan harus melakukan penjualan atas produk yang mereka buat. Dengan harapannya mahasiswa ketika lulus dari universitas tidak hanya mendapatkan pekerjaan tetapi juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Selain itu, kegiatan ini juga mendorong mahasiswa menjadi wirausaha dengan bantuan permodalan dari banyak instansi yang bekerja sama dengan universitas, mulai dari pegadaian, perbankan, dan instansi lainnya. Besar bantuan permodalan juga beragam seperti 10 juta, 15 juta, dan sebagainya. Oleh karena itu, dari adanya acara ini mahasiswa diharapkan dapat memulai kariernya sebagai wirausaha.”
Selain kegiatan bazar, acara ini juga menyuguhkan Seminar Kewirausahaan yang bertema “Gen Z’s Playbook for Business Innovation” dengan pembicara Putri Ayu Pratami, SE., seorang Marketing and Sales Director di Ichinogami Papercraft Expert. Dalam sesi seminar ini, Putri Ayu mengangkat tajuk khusus, yaitu “Transforming Papers into Art, Emotion, and Connection”. Melalui topik tersebut, beliau menjelaskan bagaimana menjalankan bisnis dengan menjadikan produk tidak hanya sebagai barang jualan tetapi sebagai media seni yang menyampaikan emosi dan membangun koneksi dengan pelanggan.
Beliau juga menekankan pentingnya fondasi bisnis yang kuat dengan menerapkan konsep 7P, yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence. Setiap elemen dalam 7P, jelasnya, sangat berperan dalam membangun bisnis yang solid, terutama bagi mahasiswa yang ingin memulai bisnis di era yang semakin kompetitif ini. Acara ditutup dengan penuh antusiasme dari para peserta, baik mahasiswa yang terlibat dalam penjualan produk maupun audiens seminar. Melalui Gebyar Produk, Fakultas Ekonomi dan Bisnis berharap agar mahasiswa tidak hanya siap menjadi pencari kerja tetapi juga siap menjadi pencipta lapangan kerja di masa depan.