Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Sabtu, (12/102024) Himpunan Mahasiswa D3 Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta sukses menyelenggarakan seminar akuntansi bertemakan “Introduction to Auditing and It’s Importance in Business: Introducing the basic concepts of auditing, types of audits, and the critical role they play in ensuring transparency and accountability in business”. Seminar ini merupakan bagian dari rangkaian acara HIMADA Festival yang berlangsung secara offline di Auditorium Fakultas Kedokteran, Gedung Dr. Wahidin Sudiro Husodo UPNVJ lantai 3, dengan jumlah peserta mencapai 107 orang, yang terdiri dari mahasiswa aktif D3 Akuntansi serta perwakilan organisasi mahasiswa di UPNVJ. Acara berlangsung mulai pukul 09.00 hingga 11.30 WIB.

Tujuan dari seminar ini adalah untuk memperkenalkan konsep dasar auditing serta peran penting audit dalam menjaga transparansi dan akuntabilitas di dunia bisnis. Dua pembicara berpengalaman di bidang audit diundang untuk berbagi wawasan dan pengalaman mereka, yaitu Yohanes Enho, M. Ak, CPRM, CSSWB, SFPC, RWVCPC (Head of Internal Audit PT Bara Alam Utama) dan Syamsul Bahri, S.E., M.Ak., Ak. CA., CPA yang merupakan seorang Akuntan Publik dan Partner di KAP Abdul Hamid dan Rekan. Kedua pembicara membahas topik yang relevan terkait audit internal dan eksternal, serta bagaimana peran audit berkontribusi terhadap kepercayaan para pemangku kepentingan.

Dalam sambutannya, Sekretaris Program Studi D3 Akuntansi, Shinta Widyastuti, menegaskan pentingnya audit sebagai bagian dari kurikulum D3 Akuntansi serta relevansinya bagi mahasiswa yang berencana untuk menjadi auditor profesional. Seminar ini memberikan pemahaman mendalam bagi peserta yang bercita-cita meniti karir di bidang audit, baik sebagai auditor internal maupun eksternal.

“Audit merupakan salah satu mata kuliah di D3 akuntansi dan KAP menjadi instansi favorit tempat mahasiswa magang. Selain itu, audit sejalan dengan profil lulusan D3 Akuntansi,” ujar Bu Shinta Widyastuti.

Sesi pertama diisi oleh Yohanes Enho, M. Ak, CPRM, CSSWB, SFPC, RWVCPC, yang memulai materinya dengan menekankan pentingnya profesi auditor dalam memastikan transparansi dan integritas di dalam perusahaan yang sejalan dengan tema acara seminar ini. Beliau juga menjelaskan mengenai tugas seorang auditor internal, “Auditor internal tidak hanya bertugas memastikan laporan keuangan yang akurat, tetapi juga berperan dalam mendeteksi dan mencegah fraud dalam setiap aktivitas bisnis,” jelasnya.

Selain itu, Yohanes juga memaparkan prospek karir auditor internal yang menjanjikan, dimulai dari posisi junior hingga posisi eksekutif seperti Chief Audit Executive. Ia menekankan bahwa, “Seorang auditor internal harus memiliki pemahaman mendalam tentang proses bisnis, manajemen risiko, serta kemampuan komunikasi yang baik,” ungkapnya. Dalam paparannya, ia juga mengungkapkan bagaimana profesi ini akan semakin dibutuhkan di era modern, di mana perusahaan harus terus beradaptasi dengan regulasi dan risiko yang terus berkembang.

Setelah pemaparan materi pertama oleh Yohanes Enho, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua yang disampaikan oleh Syamsul Bahri, S.E., M.Ak., Ak., CA., CPA. Dalam sesi ini, Syamsul membahas karir sebagai auditor eksternal serta berbagai tahapan yang perlu dilalui untuk sukses di bidang tersebut. Beliau menjelaskan career path seorang auditor eksternal, “Dalam waktu sekitar 10 tahun, seorang auditor dapat memiliki KAP sendiri, asalkan memiliki pengalaman yang cukup dan mematuhi standar profesional,” ungkapnya.

Selain itu, Syamsul juga membahas tentang prosedur dan standar audit yang harus diikuti untuk menjaga kualitas pekerjaan seorang auditor eksternal. Ia menekankan pentingnya objektivitas sebagai nilai utama dalam profesi audit. “Seorang auditor harus mampu menilai laporan keuangan secara objektif dan independen, tanpa terpengaruh oleh kepentingan pihak tertentu,” jelasnya. Menurut Syamsul, objektivitas sangat penting untuk menjaga integritas profesi dan memastikan laporan keuangan yang disajikan dapat dipercaya oleh publik dan pemangku kepentingan.

Share :