Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJCompany Visit: Inspiring Visit, Transformative Experiences merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta. Program yang diinisiasi oleh Departemen Hubungan Masyarakat Bidang Digital Informasi ini bertujuan memberikan pengalaman berharga serta meningkatkan pemahaman anggota himpunan tentang dunia profesional. Tema “Inspiring Visit, Transformative Experiences” dipilih untuk merefleksikan bahwa kunjungan ini bukan sekadar kunjungan biasa, melainkan pengalaman yang berpotensi memberikan perspektif baru yang transformatif bagi peserta. Melalui interaksi langsung dengan para profesional di industri, anggota himpunan berkesempatan memperoleh insight berharga dan bagus mengenai tren terkini, tantangan, dan peluang dalam bidang yang diminati.

Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Senin, 8 Juli 2024, pukul 09.00 WIB hingga 11.50 WIB, bertempat di PT Ultra Prima Abadi (Orang Tua Group) Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat. Acara dihadiri oleh 50 peserta, terdiri dari 48 pengurus Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan, serta 2 dosen pendamping yaitu Ibu Indri Arrafi Juliannisa, SE., ME selaku Kepala Program Studi Ekonomi Pembangunan dan Bapak Fadhli Suko Wiryanto, S.Pd., M.Si selaku Sekretaris Program Studi Ekonomi Pembangunan.

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan oleh MC, pembacaan doa, dan pemutaran Video Safety Induction. Selanjutnya, acara memasuki sesi sambutan oleh perwakilan pabrik PT Ultra Prima Abadi (OT Group) yaitu Bapak Dedy Gunawan, beliau berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meyakinkan peserta tentang kualitas dari suatu produk, “Diharapkan nantinya saat melihat langsung proses produksi, teman-teman sekalian bisa semakin yakin dan tertarik dengan produk kami” ujarnya. Sambutan selanjutnya oleh Kepala Program Studi Ekonomi Pembangunan UPN “Veteran” Jakarta, yaitu Indri Arrafi Juliannisa, SE., ME, “Semoga HIMAEP dengan Orang Tua Group bisa berhubungan baik kedepannya dan diharapkan anggota HIMAEP dapat mengikuti tata tertib selama disini” ujarnya. Acara dilanjutkan dengan presentasi Company Profile, Flow Process SG yaitu berupa sebuah penampilan video yang mengacu pada urutan langkah-langkah yang diperlukan untuk memproduksi sikat gigi dari bahan mentah hingga menjadi produk jadi, dan presentasi Do dan Don’t Visitasi Pabrik yang berisikan penjelasan mengenai panduan tentang hal-hal yang sebaiknya dilakukan (Do) seperti menggunakan APD serta penutup kepala dan yang tidak boleh dilakukan (Don’t) seperti merekam tanpa izin dari pihak perwakilan pabrik selama kunjungan ke pabrik. Ini bertujuan untuk memastikan keselamatan, profesionalisme, dan efektivitas kunjungan.

Setelah itu, memasuki acara utama yaitu Visitasi Pabrik yang dibagi menjadi 3 kelompok dengan masing-masing kelompok berjumlah 20 orang. Kegiatan utama berupa Visitasi Pabrik memberikan kesempatan kepada anggota himpunan untuk melakukan observasi langsung terhadap operasional industri yang meliputi proses produksi, implementasi teknologi, dan alur kerja. Para anggota himpunan juga berkesempatan untuk berinteraksi dengan personel dari berbagai departemen serta berpartisipasi dalam sesi diskusi untuk memperoleh informasi yang lebih komprehensif.

Dalam kegiatan ini, tahap awal melibatkan pengenalan evolusi sikat gigi Formula dari masa ke masa kepada peserta. Selanjutnya, peserta  diarahkan untuk melakukan prosedur kebersihan berupa mencuci tangan dan mengenakan penutup kepala sebelum memasuki area pabrik. Setelah itu, peserta diberi kesempatan untuk mengamati dan menyimak penjelasan mengenai proses produksi sikat gigi Formula secara mendetail.

Acara diakhiri dengan sesi photobooth, tanya jawab dengan perwakilan OT Group, testimoni atau kesan pesan, penyerahan plakat, pembagian goodie bag, dan foto bersama di depan Area Masuk Kantor. Seluruhan rangkaian Company Visit 2024 berlangsung dengan lancar dan kondusif, memberikan pengalaman komprehensif yang diharapkan dapat memperkaya perspektif anggota himpunan, meningkatkan daya saing mereka di pasar tenaga kerja, dan mempersiapkan mereka secara optimal untuk transisi dari dunia akademik ke dunia profesional.

Share :