Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Pada hari Jumat, 17 November 2023 telah berlangsung Seminar Nasional dengan tema “Supply Chain Efficiency with IoT Technologies”. Kegiatan ini berlangsung secara offline di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika Gedung Rektorat Lt 4 UPN “Veteran” Jakarta yang dihadiri oleh para mahasiswa dan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPNVJ. Seminar Nasional ini menghadirkan narasumber dari Manajer Logistik PT Richeese Kuliner Indonesia, Bapak Panca Rochman, S.Ak., CSCP, CLSSGB dan Direktur Keuangan PT Harum Jaya Mineral, Bapak Dr. Zaroni, CISCP, CFMP, CMILT.

Acara ini dimulai pada pukul 13.30 WIB diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, dilanjutkan dengan sambutan sambutan dari Ibu Dr. Jubaedah, SE., MM. selaku Dekan dan peresmian seminar pada pukul 13.36 WIB. Setelah sambutan dan peresmian seminar dilaksanakan, Seminar ini dilanjutkan dengan pangenalan tema pada pukul 13.44 WIB, dipandu oleh Ibu Indri Arrafi Juliannisa, SE., ME selaku moderator.

Penyampaian materi pertama disampaikan oleh Bapak Panca Rochman, S.Ak., CSCP, CLSSGB selaku narasumber pertama pada pukul 13.48 WIB dengan tema “Supply Chain 4.0: Navigating the Challenges and Opportunities of IoT”. Berdasarkan paparan yang disampaikannya, dapat disimpulkan bahwa supply chain management dapat membantu perusahaan untuk melakukan efisiensi, mengurangi biaya, meningkatkan kualitas produk dan mengurangi load time. Dengan perkembangan teknologi seperti Internet of Things (IoT), SCM dapat memberikan visibilitas yang lebih baik, menghasilkan pola supply chain yang efektif, sehingga dapat menjaga daya saing dan memenuhi customer experiences di lingkungan bisnis yang semakin kompleks dan global

Setelah selesai penyampaian materi dari narasumber pertama, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh Bapak Dr. Zaroni, CISCP, CFMP, CMILT selaku narasumber kedua pada pukul 14.27 WIB dengan tema “How Technology Plays a Role in Supply Chain Sustainability and Environment Friendliness”. Berdasarkan paparan yang disampaikannya, dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan supply chain management tentunya akan selalu ada tantangan yang dihadapi. Namun, tantangan-tantangan dalam supply chain tersebut dapat mudah diatasi dengan praktik pemanfaatan IoT.

Setelah selesai sesi penyampaian materi oleh kedua narasumber, acara dilanjutkan dengan melakukan sesi tanya jawab antara peserta dan narasumber pada pukul 15.19 WIB. Kemudian sesi tanya jawab diakhiri dengan penyampaian kesimpulan oleh moderator.

Setelah selesai sesi tanya jawab dan penyampaian kesimpulan, acara dilanjutkan dengan pemberian sertifikat dan plakat secara simbolik serta sesi dokumentasi yang diwakili oleh Ibu Dr. Jubaedah, SE., MM kepada kedua narasumber dan moderator pada pukul 15.42 WIB. Setelah sesi penyerahan plakat dan sesi dokumentasi selesai, acara dilanjutkan dengan Ice Breaking yang dilakukan pada pukul 15.52 WIB melalui platform Quizizz. Setelah selesai sesi Ice Breaking, Acara Seminar Nasional ini diakhiri secara resmi pada pukul 15:55 WIB.

Share :