Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJEconomic Development Seminar atau yang disebut dengan ECOVERSE merupakan seminar Ekonomi Pembangunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta. Pada kesempatan ini, ECOVERSE mengangkat topik “Implementing a Sustainable Economy through Innovation and Eco-Friendly Consumption”, yaitu suatu sistem ekonomi yang berkelanjutan dengan menggunakan inovasi untuk mendukung konsumsi dan produksi yang ramah lingkungan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang pentingnya keberlanjutan lingkungan dalam berbagai kegiatan ekonomi, serta mendorong pemikiran kritis dan inovatif dalam menciptakan solusi.

Kegiatan ini diselenggarakan pada Kamis, 3 Oktober 2024 pukul 08.00 WIB hingga 12.35 WIB, bertempat di Ruang Auditorium Bhinneka Tunggal Ika Gedung Rektorat UPN Veteran Jakarta. Acara ini menjadi wadah untuk menambah wawasan pengetahuan dan ruang diskusi mengenai ekonomi ramah lingkungan secara berkelanjutan dengan dihadiri 196 peserta dan 2 narasumber yang berpengalaman dalam bidangnya, yaitu, Indri Arrafi Juliani, S.E., M.E. dan Dr. Thres Sanctyeka.

Acara dibuka oleh sambutan Fadhli Suko Wiryanto, S.pd., M.Si selaku Sekretaris Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta, beliau berharap melalui seminar ini para peserta dapat mengembangkan berbagai ide dan inovasi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi hijau yang berkelanjutan,“Dengan adanya seminar ini, diharapkan para peserta dapat mengembangkan ide-ide baru yang berkelanjutan, serta mampu menghadirkan solusi inovatif yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi hijau. Sehingga dapat memperluas wawasan tentang pentingnya penerapan prinsip-prinsip ekonomi hijau dalam berbagai sektor industri, guna mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan serta menciptakan ekosistem bisnis yang lebih berkelanjutan dan bertanggung jawab.” ujarnya.

Pemaparan Materi Oleh Indri Arrafi Juliani, S.E., M.E.

pemaparan materi pertama dilakukan oleh Indri Arrafi Julianisa, S.E., M.E dengan menyampaikan “The Concept of Vulnerability in Achieving Sustainable Goals”. Dalam hal ini, beliau menekankan pentingnya transisi dari ekonomi linear ke ekonomi sirkular untuk mendukung ekonomi hijau. Perubahan ini bertujuan untuk mengurangi limbah dan memanfaatkan sumber daya secara lebih efisien guna mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Sementara itu, untuk pemaparan materi dilanjutkan oleh Dr. Thres Sanctyeka, yang menyampaikan materi tentang penerapan ekonomi sirkular dapat mendukung pembangunan rendah karbon dengan mengurangi limbah dan meningkatkan efisiensi sumber daya. Beliau menekankan bahwa melalui pengurangan emisi dan daur ulang, ekonomi sirkular membantu mengurangi dampak negatif industri terhadap lingkungan dan mewujudkan green economy, sehingga dapat menciptakan keseimbangan dengan pertumbuhan positif dari sisi ekonomi dan kehidupan yang ramah lingkungan.

Narasumber kedua Dr. Thres Sanctyeka

Seluruh rangkaian ECOVERSE 2024 ini berlangsung dengan lancar dan kondusif, sehingga dapat menghubungkan teori ekonomi hijau dan berkelanjutan dengan didukung oleh praktik dalam kehidupan sehari-hari, menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab sosial, serta memahami peluang karir di bidang ekonomi berkelanjutan. Diharapkan seminar ini mampu memotivasi mahasiswa untuk mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan dan berperan dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Share :