Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Pada hari Senin, 22 Juli 2024 sampai Kamis, 25 Juli 2024, telah berlangsung program kerja Abdikarya 2024 selama 4 hari 3 malam yang bertemakan “ARUNIKA: Aksi dan Karya Nyata untuk Negeri Kita” di Kampung Cilambur, Desa Leuwi Batu, Kab. Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Departemen Sosial Masyarakat yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di suatu desa yang dapat dibilang masih jauh di bawah kata sejahtera. Kegiatan ini diikuti oleh Ketua Umum BEM FEB UPNVJ, Wakil Ketua Umum BEM FEB UPNVJ, perwakilan dari Departemen Satuan Pengendali Internal, perwakilan dari Majelis Permusyawaratan Mahasiswa, Koordinator Lingkungan Masyarakat, Wakil Koordinator Lingkungan Masyarakat, Kepala Departemen Sosial Masyarakat, dan 60 (enam puluh) panitia Abdikarya.

Dalam Sambutannya, Fadhil Alfarisi Selaku Ketua BEM FEB UPNVJ menyampaikan bahwa ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membantu perekonomian, pendidikan dan lingkungan yang lebih baik di Desa Cilambur, “Aku berharap semoga kegiatan yang akan dilakukan oleh Panitia Abdikarya BEM FEB UPNVJ dapat memberikan manfaat yang besar bagi para warga di Desa Cilambur terutama dalam ketiga bidang yaitu perekonomian, pendidikan, dan lingkungan”, jelas Fadhil pada saat memberikan sambutan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memecahkan masalah keterbatasan prasarana lingkungan desa dengan pemberian fasilitas yang diharapkan dapat memudahkan masyarakat desa dalam menjalani aktivitas sehari-hari kedepannya. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan potensi pelaku ekonomi di desa tersebut dengan pemberian sosialisasi pemberdayaan pada usaha yang mereka jalankan serta memperluas wawasan anak-anak di desa dengan pengetahuan dan keterampilan yang belum pernah mereka dapati sebelumnya. Terakhir,  diharapkan kegiatan ini dapat menanamkan rasa kepedulian kepada KEMA FEB dan masyarakat luas pada umumnya terhadap masyarakat yang membutuhkan di desa-desa tertinggal.

Berikutnya masuk ke dalam inti kegiatan. Pada hari pertama di tanggal 22 Juli 2024 dilakukan peresmian pengabdian dengan sambutan dari pihak – pihak yang berkepentingan. Kegiatan berikutnya yaitu panitia melakukan kerja bakti dengan membersihkan masjid dan meletakkan tempat sampah. Pada hari kedua tanggal 23 Juli 2024 panitia melakukan pembelajaran kepada kelas 1-6 dengan pemberian materi dalam mata pelajaran matematika, PKN, dan pemberian pembelajaran the magic words yang dilaksanakan di SDN 05 Cilambur. Selain itu, pada waktu yang bersamaan pula sebagian panitia melakukan pembuatan lampu panel surya dan seminar edukasi serta pemberian pakaian kepada warga sekitar. Pada hari ketiga yaitu pada tanggal 24 Juli 2024 dilakukan pengajaran kepada murid 1 – 6 kembali dengan materi yang berbeda yaitu Bahasa Inggris dan IPA, setelah itu dilanjutkan kegiatan pemasangan papan nama jalan, workshop praktik masak, dan lomba antar warga.

Setelah semua rangkaian kegiatan Abdikarya 2024 selesai dilakukan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi dokumentasi bersama seluruh panitia Abdikarya 2024. Kegiatan kemudian ditutup dengan operasi semut sebelum kepulangan para panitia. Demikianlah kegiatan Abdikarya 2024 dengan tema “ARUNIKA: Aksi dan Karya Nyata untuk Negeri Kita”yang dilaksanakan oleh BEM FEB UPNVJ 2024 sudah terlaksana dan berjalan dengan baik.

Share :
Tags: