Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Dalam rangka peninjauan kurikulum dan implementasi Program Studi Diploma Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta menggelar kegiatan Forum Group Discussion (FGD). pada hari Sabtu (4/5/2024). Kegiatan tersebut bertempat di Ruang Zoom Meeting dimulai sejak pukul 09.00-12.00 WIB. FGD ini menghadirkan Narasumber yaitu Megawati Santoso, Ph.D selaku ketua tim penyusun panduan kurikulum pendidikan tinggi vokasi kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi RI.

Forum Group Discussion (FGD) diselenggarakan dengan tujuan untuk merumuskan kerangka kurikulum sesuai dengan perkembangan terkini dalam bidang manajemen dan meningkatkan kesadarn dan pemahaman tentang pentingnya kurikulum yang responsive dan relavan dalam meningkatakan kualitas lulusan program studi.

Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Jubaedah, SE, MM dimana menjelaskan bahawa kegiatan Forum Group Discussion (FGD)agar dengan adanya Forum Group Discussion (FGD) kurikulum yang dapat mencapai profil lulusan dan kurikulum sesuai yang diharapan dan diinginkan. Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar. Melalui FGD ini data merumuskan kurikulum sesuai zaman dan sudah diatur berdasarkan peraturan Menteri No 53 Tahun 2023.

Selanjutnya yaitu oleh Paparan Narasumber Megawati Santoso, Ph.D dimana ada beberapa pokok bahasan antara lain:

  1. Tantangan Pendidikan tinggi vokasi
  2. Perspektif baru peraturan Menteri tentang penjaminan mutu
  3. Permasalahan dilapangan
  4. Usulan pembahann instrumen untuk OBE

Dimana Pendidikan vokasi sendiri merupakan suatu model Pendidikan yang menitkberatkan pada penguasaan keahlian atau keterampilan tertentu. dimana untuk lulusan D3, S1 itu belum bisa menguasai materi tetapi teori -teori dapat dikuasai oleh lulusan S2 dan S3. Adanya pasal 15 tentabg satuan kredit semester merupakan takaran waktu kegiatan belajar yang dibebankan kepada mahasiswa. Dimana SKS ini setara dengan 45 jam pesemester.

Share :