Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Dalam rangka evaluasi kurikulum Program Studi Manajemen Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta menggelar kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dengan industri dan dosen masing-masing program studi. pada hari Kamis, 28 Maret 2024. Kegiatan tersebut bertempat di Ruang Rapat Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPNVJ dimulai sejak pukul 09.00-13.00 WIB.

Forum Group Discussion (FGD)diselenggarakan dengan tujuan untuk merumuskan kerangka kurikulum sesuai dengan perkembangan terkini dalam bidang manajemen dan meningkatkan kesadarn dan pemahaman tentang pentingnya kurikulum yang responsive dan relavan dalam meningkatakan kualitas lulusan program studi manajemen.

Acara dibuka oleh Kepala Jurusan Manajemen Bapak Dr. Yudi Nur Supriadi, S.Sos. I., MM, CMA dimana menjelaskan bahawa kegiatan Forum Group Discussion (FGD)agar dengan adanya Forum Group Discussion (FGD) kurikulum ini dapat mencapai profil lulusan dan kurikulum sesuai harapan.

Dilanjutkan oleh Koordinator Program Studi Manajemen Ibu Siti Hidayati, SE, MM dimana menjelaskan terkait konsentrasi yang ada di Program Studi Manajemen antara lain Sumber Daya Manusia, Pemasaran, Operasional dan Keuangan. Adapun materi Forum Group Discussion (FGD) hari ini antra lain, Visi dan Misi, Profil Lulusan, Evaluasi Kurikulum 2020, Draf Kurikulum 2024 dan Masukan dari Industri terkait Kompetensi Lulusan.

Adapun Indikator Kinerja Utama (IKU) antara lain mendapatkan pekerjaan kurang dari 6 bulan, mahasiswa berkegiatan diluar kampus, dosen berkegitaan di luar kampus, praktisi mengajar di dalam kampus, hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat, PS bekerja sama dengan mitra dunia, metode pembelajaran CSM/PJBL dan akreditasi internasional.

Selanjutnya, kegiatan ini dilanjutkan dengan masukan dan saran dari narasumber pertama yaitu Tenaka Budiman, ST, MM, ASCM, CSLP beliau menjelaskan bahwa terkait profil lulusan prodi manajemen untuk kata junior tidak semua perusahaan atau industi menggunakan kata junior karna terlalu rumit.

Dilanjutkan dengan masukan dan saran narasumber kedua Mhd. Handika Surbakti, M.Si Terkait profil lulusan lebih umum. Terkait profil lulusan entrepreneur dan konsultan sebaiknya terpisah tidak disatukan. Tidak hanya memberikan masukan dan saran tetapi menyampaiak paparan materi terkait perkembangan industri dan tantangan industri, Dimana undang-undang terkait keuangan bisa dijadikan rujukan mengajar bapak/ibu dosen. Mengusulkan rekomendasi mata kuliah antara lain teknologi keuangan, manajemen resiko keuangan digital, keuangan bekkelanjutan dan digital marketing.

Acara dilanjutkan dengan berdiksusi anatar praktisi dan dosen, dimana membahasa terkait isian topik materi singkat RPS, dan lain sebagainya.

Acara selanjtnya yaitu penyerahan sertfikat yang di berikan oleh koordinator Program Studi Manajemen kepada narasumber.

Share :