Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Kelompok Studi Mahasiswa Tax Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta mengadakan kegiatan Pendampingan Pengisian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Tahunan 2023 pada hari Jum’at (15/03/2024). Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB ini diadakan di Ruang laboratorium Administrasi Perkantoran yang berada di Sekolah SMK Negeri 22 Jakarta. Kegiatan yang bertujuan untuk membantu memberikan layanan untuk masyarakat sekitar SMK Negeri 22 Jakarta, staff dan guru di SMK Negeri 22 Jakarta yang memiliki kesulitan atau pertanyaan mengenai tata cara pelaporan pajak penghasilan yang dimiliki nya, serta membantu dalam pemadanan NPWP dengan NIK wajib pajak. Kegiatan ini berlangsung hingga pukul 14.30 WIB.

Pendampingan Pengisian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dilakukan secara seksama, dengan didampingi oleh 6 Relawan Pajak dari Tax Center UPNVJ yang sudah berpengalaman dan 10 murid SMK Negeri 22 Jakarta.  Dalam pendampingan ini, 4 siswa dari SMK Negeri 22 Jakarta membantu dalam pendataan kepada guru dan staff yang belum melaporkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi. Serta 6 siswa di bagi menjadi 2 kelompok untuk bertugas dalam melakukan pendampingan SPT secara langsung kepada wajib pajak. Pendampingan pengisian SPT ini juga bersifat terbuka untuk masyarakat umum di sekitar SMK Negeri 22 Jakarta.

“Dengan adanya kegiatan ini saya berharap kakak-kakak relawan pajak dari Tax Center UPNVJ dapat membantu staff, guru dan adik-adik siswa SMK Negeri 22 Jakarta dalam pendampingan pengisian SPT PPh Orang Pribadi 2024.  Sehingga para siswa di SMK Negeri 22 Jakarta dapat memetik ilmu dan mendapatkan pengalaman dari ada nya kegiatan ini. Saya berterima kasih karena kakak-kakak sudah bersedia membantu dan meluangkan waktu untuk melakukan pendampingan ini” ucap Juan, Guru SMK Negeri 22 Jakarta.

Kegiatan ini bukan hanya pendampingan, namun memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada para siswa SMK Negeri 22 Jakarta mengenai tata cara pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi, pembuatan NPWP baru, pemadanan NIK-NPWP, serta membantu wajib pajak dalam lupa EFIN. Selain itu, siswa diberikan kesempatan langsung dalam melakukan pendampingan pengisian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi.

Perlu diketahui dalam pendampingan ini, siswa dari SMK Negeri 22 Jakarta sangat antusias saat di berikan arahan dan penjelasan oleh para relawan dari KSM Tax Center UPNVJ. Rasa ingin tau mereka yang sangat tinggi memberikan suasana yang menyenangkan saat melakukan pendampingan pengisian SPT Tahunan pada saat itu. Bukan hanya siswa, namun guru dan staff di sana pun sangat antusias dan senang saat kegiatan ini berlangsung.

Dengan ada nya suasana yang antusias membuat para Relawan Pajak dari Tax Center UPNVJ merasakan hal yang sama sehingga output dari kegiatan ini pun dapat dirasakan. Lelah dalam perjalanan pun hilang seketika saat pendampingan pengisian SPT Tahunan dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan apapun.

Dalam kegiatan ini, Relawan Pajak yang bertugas sudah memberikan informasi dan bantuan kepada guru, staff, masyarakat dan siswa SMK Negeri 22 Jakarta dalam memenuhi kewajiban perpajakan nya dengan tepat dan sesuai ketentuan yang berlaku. Semoga kegiatan ini dapat berjalan setiap tahun nya untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan meningkatkan kepatuhan dalam perpajakan.

Akhir dalam kegiatan ini dilakukan dengan foto bersama oleh para guru, staf dan murid SMK Negeri 22 Jakarta sebagai tanda bahwa kegiatan ini telah berhasil dilaksanakan secara seksama.

Share :