Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Pada hari Sabtu (23/03/2024) telah dilaksanakan SILABUS 2024 dengan mengusung tema “S1LEBRASI” yang merupakan singkatan dari “Silaturahmi, Lintas Eksplorasi, Berkah Ramadhan dalam AKS1” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. SILABUS ini dilaksanakan secara offline di Ubin Coklat, FEB., berlangsung selama 480 menit mulai pukul 13.00 WIB – 20.00 WIB dengan jumlah partisipan sebanyak 72 peserta, yang terdiri dari Mahasiswa Aktif S1 Akuntansi serta alumni Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Acara kami memiliki dua materi yang terdiri dari Pengalaman dan Strategi Adaptasi di Kehidupan Kuliah serta Menjelajahi Tantangan di Dunia Pekerjaan : Akuntansi, AI, dan Tips Alumni dalam Membangun Karier.

SILABUS 2024 ini dibuka oleh Muhammad Irfan Irawan dan Siti Syawalluna selaku MC. Dan Jagad Satrio Hussein dan Fahmi Adnan Assyaeid selaku Ketua dan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa S1 Akuntansi memberikan materi Pengalaman dan Strategi Adaptasi di Kehidupan Kuliah sebagai materi pertama dalam acara ini, sebelum narasumber lain memaparkan materinya. Pada materi ini, narasumber menjelaskan dengan detail mengenai bagaimana cara belajar yang efektif serta tips membangun relasi di perkuliahan. Materi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan gambaran kepada mahasiswa terhadap pengalaman dan cara beradaptasi di kehidupan kuliah.

Materi selanjutnya adalah Menjelajahi Tantangan di Dunia Pekerjaan : Akuntansi, AI, dan Tips Alumni dalam Membangun Karier yang dibawakan oleh Irfan Gustami selaku salah satu alumni S1 Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Materi ini berisi pengetahuan lebih dalam mengenai akuntansi, karir setelah lulus akuntansi serta step yang harus dilalui untuk bisa menjadi lulusan akuntansi yang sukses.

Materi terakhir adalah sharing session bersama alumni dari S1 Akuntansi angkatan 2008 yaitu RB Doni Okten Pratama, MBA., materi ini berisi tentang dunia pekerjaan.

Setelah seluruh materi disampaikan oleh narasumber, terdapat sesi tanya jawab yang diadakan setiap materi selesai dibawakan oleh narasumber. Pada sesi ini, partisipan terlihat aktif dalam memberikan pertanyaan seputar materi-materi yang telah disampaikan oleh narasumber. Narasumber sendiri menceritakan mengenai pengalamannya dalam meniti karir hingga bagaimana cara menaikkan pendapatan. Narasumber bercerita mengenai awal mula beliau bergabung Prodi S1 Akuntansi, berbagai kegagalan yang beliau lalui, dan akhirnya mendapatkan pekerjaan dengan income yang bernilai tinggi. Narasumber menyampaikan bahwa semua orang punya kesempatan, dan berharap agar mahasiswa S1 Akuntansi mau bertekad dan berusaha untuk mewujudkan impiannya masing-masing.

Partisipan dalam acara ini memiliki antusiasme yang sangat tinggi dalam mengikuti seluruh rangkaian acara dari awal hingga akhir. Acara SILABUS 2024, diakhiri dengan sepatah dua patah ucapan terimakasih dari Ketua dan wakil pelaksana kepada semua hadirin yang hadir dan yang berkontribusi dalam menyukseskan acara buka bersama SILABUS 2024

Share :