Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Dalam rangka persiapan pembelajaran dan perkuliahan Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta menggelar kegiatan Pembekalan Softskill Excel Advence 3.0 pada hari Selasa (30/1/2024). Kegiatan tersebut bertempat di R 201-202 Gedung Soepomo Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPNVJ.

Pembekalan Softskill 2024 diselenggarakan dengan tujuan untuk mendukung keterampilan mahasiswa dalam skill excel sebelum mahasiswa terjun dalam program Magang di perusahaan.

Dalam sambutannya Wakil Dekan Bidang Akademik, Muhammad Anwar Fathoni menjelaskan bahawa kegiatan pembekalan Softskill Excel dilakukan setiap tahun untuk pembekalan mahasiswa yang akan melakukan MKBK, hal ini dapat meningkatkan softskill mahasiswa di dalam dunia Industri.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan paparan oleh Rahmat Mustakim, S.Pd., M.M., MOS selaku Excel Trainer dan Fasilitator UMKM Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang membahas menegenai keterkaitan excel di dunia industri. Selain itu beliau mengadakan praktik terkait cara pengaplikasian excel dengan step by step.

Salah satu penyampaian praktik dengan cara membuat rekapitulasi karyawan. Dimana dalam hal tersbut menurut Rahmat Mustakim ada teknis pembuatan rekapitulasi dari pada harus membuat satu persatu dengan rumus.

Pada kesempatan ini Rahmat Mustakim menjelaskan terkait cara membatasi akses engguna, seperti membutuhkan pasword pada excel yang biasa disebut Protection, lalu membuat deret data secara otomatis atau biasa disebut Auto Fill, menghasilkan otomatis pengisian data dengan pola tertentu atau Flash Fill, membatasi validation atau Data Validasi, memberikan format pada data dengan kondisi tertentu atau condutional Formatting. Dam masih banyak yang disampaikan dan di praktikan oleh Rahmat Mustakim.

Share :