Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Pelatihan Press Release yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta ini ditujukan bagi Tenaga kependidikan dan para mahasiswa yang diselenggarakan pada hari senin (29/1/2024). Sebelumnya narasumber pertama yang merupakan Wakil Pemimpin Redaksi   tvOnenews.com, GM News & CA tvOne ini membawakan materi tentang bagaimana menjadi jurnalis. Lalu pada kesempatan kali ini, narasumber kedua Dede Suprayitno, M.I.Kom (Dosen FISIP UPN ”Veteran” Jakarta) membagikan tips&trick dalam pembuatan press release.

Press release atau siaran pers adalah bentuk komunikasi eksternal institusi kepada media.Tujuan penyebaran siaran pers dikaitkan dengan memberi suatu informasi atau pernyataansikap atas isu yang sedang hangat. Siaran pers dapat meningkatkan citra positif perusahaanbila dikelola dengan tepat. Sebuah press release disusun dengan prinsip-prinsip jurnalistik. Misalnya seperti unsur 5W+1H tentang isu yang diangkat. Penulisan harus fokus pada pesan utama, tidak bercabang, dan susunan kalimat mudah dipahami. “Dalam pembuatan judul harus menarik karena ini menciptakan impresi pertama pembaca, judul harus clickable, dan membuat informasi yang penting” jelas Dede.

Beberapa tips yang disampaikan oleh Dede Suprayitno tentang press release yaitu gunakan model penulisan straigt news atau segitiga terbalik; Hindari terlalu banyak Bahasa yang berbungan-bunga. Boleh digunakan tapi jangan berlebihan; Gunakan kalimat efektif dan efisien, tidak mengulang ide pokok, dan enak dibaca; Susunan paragraph yang terdiri dari beberapa kalimat, seringkali ditemui kalimat terlalu Panjang sehingga menjadi tidak efektif, sehingga strateginya dapat dipecah menjadi beberapa kalimat.

Share :