Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Dalam rangka persiapan pembelajaran dan perkuliahan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta menggelar kegiatan Design Thinking dalam Pembelajaran Berbasis Project dan Studi Kasus pada hari Kamis, 11 Januari 2024. Kegiatan tersebut bertempat di Ruang 201-202 Gedung Seopomo, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPNVJ.

Design thinking merupakan pendekatan atau metode pemecahan masalah baik secara kognitif, kreatif, maupun praktis untuk menjawab kebutuhan manusia sebagai pengguna. Design thinking telah diterapkan dalam banyak kegiatan industri dan dunia komersial termasuk dunia Pendidikan. Oleh karena itu, design thinking dapat digunakan sebagai alat yang sesuai dalam pengajaran dan pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan dan kreatifitas mahasiswa. Hal tersebut juga disampaikan oleh Dr. Jubaedah, S.E., M.M dalam sambutannya. “Penerapan design thinking dalam proses pembelajaran akan memberikan manfaat bagi mahasiswa, terutama dalam menumbukan kreativitas dan inovatif kepada mahasiswa. Impelementasi design thinking dalam proses pembelajaran akan dimulai pada semester genap TA 2023/2024 terutama nantinya akan diperkenalkan kepada mahasiswa baru Angkatan 2024” ujarnya.

Kegiatan ini mengundang narasumber baik dari dosen internal FEB UPN “Veteran” Jakarta maupun pihak eksternal. Narasumber kegiatan ini yaitu: (1) Dr. Ir. Etty Nurwati, MBA selaku Training & Business Consultant at PT Tri Karsa Raharja dan Dosen Tetap STIE Pariwisata Internasional; (2) Indri Arrafi Juliannisa, S.E., M.E.; Kery Utami, S.E., M.Si; Ranti Nugraheni, S.Si., M.Ak selaku dosen tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta.

Tak hanya dalam bentuk pemaparan materi saja, para narasumber dan para dosen yang hadir melakukan simulasi design thinking. Dalam proses simulasi tersebut, para dosen yang hadir dibagi menjadi 4 kelompok dan menggunakan alat peraga maupun ATK yang telah disiapkan.

Diharapkan kegiatan ini menjadi pengalaman dan menambah wawasan kepada para dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis sehingga dapat diimplementasikan pada mata kuliah yang diampu oleh bapak/ibu dosen FEB.

Share :