Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Himpunan Mahasiswa S1 Manajemen UPN “Veteran” Jakarta kembali menggelar kegiatan COMMENT (Conference of Management) “Leveraging Opportunities of Industry 4.0”.  COMMENT merupakan salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa S1 Manajemen dan menjadi salah satu kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023 di Auditorium Gd. Dr. Wahidin Sudirohusodo Fakultas Kedokteran  UPN “Veteran” Jakarta yang dihadiri oleh para mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPNVJ.

Mengusung tema “Charting a Path to the Future” kegiatan COMMENT ini relevan dengan kondisi saat ini dimana seiring berjalannya waktu, kebutuhan akan sumber daya manusia juga akan semakin berubah terutama di era industri 4.0 dimana semua hal sudah terdigitalisasi.

Dalam sambutannya, Fadli Subiakto selaku Ketua Pelaksana dari COMMENT, mengatakan bahwa “Tujuan saya mengadakan seminar ini tidak lain karena kepedulian saya kepada mahasiswa-mahasiswa untuk berkompetisi di industri 4.0 dengan alat-alat yang tersedia” ucap Fadli Subiakto

Fadli Subiakto berharap semoga dengan adanya seminar COMMENT ini dapat memberikan pengetahuan-pengetahuan baru untuk mahasiswa agar dapat mempersiapkan diri dengan baik agar dapat berkompetisi di era industri 4.0 ini.

Acara ini memiliki konsep talkshow yang dipandu oleh Nisyanti Yahya sebagai moderator, di kesempatan kali ini COMMENT menghadirkan 3 narasumber dari bidang bisnis yang berbeda, yang membahas mengenai cara memanfaatkan industri 4.0 dalam bisnis. Narasumber yang diundang yakni ada Mazayahalwa Erta Pratono, yang merupakan owner dari UMKM Nyemil Saji di bidang makanan. Selanjutnya ada Lukman Benjamin Mulia, yang merupakan CEO dan juga Founder dari Cretivox, yaitu pada bidang media. Dan terakhir ada Dwi Kartika Sari, yang merupakan XL Program and Future Leaders, yaitu sustainability program dari perusahaan XL Axiata untuk memberikan pelatihan soft-skill intensif kepada para mahasiswa/i.

Lukman Benjamin Mulia, mengatakan bahwa “zaman itu akan berubah dalam 5 tahun sekali jadi yang aku maksud berarti kita harus cari jalannya itu untuk berubah supaya bisa relevan dengan apa yang terjadi”. Dilanjut oleh Dwi Kartika Sari yang mengatakan “professionala itu because you are paid, diabyar. Tidak mungkin investor atau employer ketika mau bayar gaji temen-temen ada gaji ada bonus ada apapun itu jika kamu profesional maka ada plus one plus two plus three. Plus one plus tow plus threenya apa yang bisa dikuatikan, bisa dari adaptif” dan yang terakhir Mazayahalwa Erta Pratono, “aku tuh bener-bener memanfaatkan fitur-fitur sosial media yang ada, seperti aku post story tapi tetap aku pilah-pilah juga biar orang tidak skip. Atau juga kayak shopee, kita bisa pakai poster kita sendiri. Pokoknya aku selalu memaksimalkan semua fitur-fitur (sosial media) yang ada”

Share :