Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Pada hari Sabtu (30/09/2023) telah dilaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Studi S1 Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta tahun 2023, yang saat ini disebut sebagai Accounting Greenhorn 2023. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa S1 Akuntansi UPN “Veteran” Jakarta yang mengusung konsep relationship (hubungan / ikatan) dengan tema AGRES1 (Acceptance, Greetings, and Relationship for S1 Akuntansi). Kegiatan ini dilaksanakan bertempat di Ruang Bursa Efek Jakarta (BEJ) UPN “Veteran” Jakarta selama sehari, mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB dengan jumlah partisipan sebanyak 220 orang.

Kegiatan diawali dengan pembukaan acara oleh Marcellino Ferdinand Sebastian dan Audrey Alya selaku MC yang kemudian dilanjutkan dengan pemutaran lagu Indonesia Raya pukul dan Mars Bela Negara sebagai bentuk penghormatan kepada negara.

Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, kemudian dilakukan  sambutan yang diawali oleh Ibu Praptiningsih, SE. M. selaku Wakil Dekan III (Kemahasiswaan dan Kerjasama) FEB UPN Veteran Jakarta. Beliau menyampaikan terkait dengan rangkaian PKKMB yang akan dihadapi kedepannya oleh para mahasiswa baru.  Beliau juga menghimbau untuk para mahasiswa baru agar wajib mengikuti kegiatan sosial kunjungan ke Makam Pahlawan. Sambutan berikutnya dibawakan oleh Bapak Agus Maulana, S.Pd., M.S.Ak. selaku Sekretaris Program Studi S1 Akuntansi UPN Veteran Jakarta. Beliau menyampaikan pesan-pesan semangat untuk para mahasiswa baru yang tengah mengikuti kegiatan Accounting Greenhorn 2023 untuk mengikuti dengan tertib hingga selesai. “Tidak banyak yang bisa saya sampaikan, semangat terus untuk kegiatan ini, terima kasih.” Ujar Bapak Agus. Kegiatan selanjutnya sambutan oleh Fitto Ramadhan selaku Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa S1 Akuntansi UPN Veteran Jakarta dan dilanjutkan oleh Najwa Laila Nafilaty selaku ketua pelaksana PKKMB Prodi 2023 memberikan Laporan Kegiatan.

Selanjutnya, setelah Laporan Kegiatan yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana, langsung dilanjutkan dengan materi pertama yaitu “Get to Know S1 Akuntansi” oleh Bapak Agus Maulana S.Pd., M.S.Ak. selaku Sekretaris Program Studi S1 Akuntansi UPN Veteran Jakarta. Materi yang dibawakan berisi penjelasan sekaligus pemberitahuan informasi terkait Program Studi S1 Akuntansi berupa sistem kurikulum yang digunakan, metode pembelajaran, dan kegiatan kampus merdeka yang ada dapat dilakukan oleh mahasiswa/i Program Studi S1 Akuntansi. Setelah pemaparan, dilakukan sesi QnA bagi peserta yang memiliki pertanyaan terhadap materi terkait.

Selanjutnya materi kedua yang dipaparkan adalah dengan topik “Exploring S1AK HIMA” yang dibawakan oleh anggota HIMA langsung. Materi yang dibawakan berisi tentang organisasi HIMA sendiri, yaitu meliputi struktur organisasi, program kerja, perekrutan, dan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh HIMA. Kemudian, setelah dilakukan paparan, kembali dibuka sesi Q&A bagi peserta yang ingin bertanya.

Setelah pemaparan dan sesi Q&A dari HIMA, adalah waktunya Ishoma, peserta dipersilakan untuk makan, minum serta shalat pada waktu tersebut. Kemudian selesai waktu ishoma, MC melakukan transisi untuk masuk ke materi selanjutnya yaitu “Deciding path throughout your journey: What should I do?” oleh Hanni Arlina.

Selanjutnya masuk ke materi ketiga yaitu “Deciding path throughout your journey: What should I do?” yang dibawakan oleh Hanni Arlina. Materi yang dibawakan mengenai apa saja yang bisa dilakukan mahasiswa selama masih ada di dunia perkuliahan. Hal ini dilakukan agar para mahasiswa baru dapat menentukan pilihan karir yang diinginkan sedini mungkin. Hanni Arlina juga menceritakan pengalaman seta langkah-langkah yang perlu disiapkan oleh mahasiswa untuk menggapai cita-cita yang diinginkan. Selanjutnya dilakukan sesi Q&A bagi peserta yang memiliki pertanyaan terhadap materi terkait.

Lalu setelah pemaparan materi telah dilaksanakan, dilanjutkan dengan pemberian plakat untuk Hanni Arlina yang diberikan langsung oleh Ketua Pelaksana acara sebagai ucapan terima kasih dan juga apresiasi atas paparan materi yang telah diberikan.

Selanjutnya memasuki materi keempat dengan tema “Preparation to Accounting Camp” yang dibawakan oleh ketua pelaksana Accounting Camp yaitu Fathur Satria Saputra dan wakil ketua pelaksana Accounting Camp yaitu Muhammad Rafli. Materi yang dibawakan yaitu tentang acara Accounting Camp yang akan dijalani oleh mahasiswa baru, yaitu mengenai kegiatan, persiapan, serta timeline. Setelahnya dilakukan sesi Q&A bagi peserta yang memiliki pertanyaan terhadap materi terkait

Selanjutnya, pembagian hadiah kepada peserta mahasiswa baru dengan kategori “Kelompok Terbaik”, “Video Kelompok Terbaik”, “Name tag Terbaik”, dan “Penanya Terbaik”.

Kemudian dilakukan penutupan oleh MC dan juga sesi dokumentasi foto bersama untuk mengakhiri acara.

Share :