Fakultas Ekonomi dan Bisnis

FEBUPNVJ – Sharing KMBI merupakan sebuah kegiatan sharing yang diadakan secara luring oleh kelompok studi mahasiswa BI Corner UPN Veteran Jakarta. Kegiatan ini membahas tentang program KMBI mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan mengenai program KMBI dan memberikan tips lolos untuk magang KMBI Batch VII selanjutnya dan mendapatkan pengalaman dan kemampuan baru. Kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan dalam mengimplementasikan IKU 6 yakni “melaksanakan kerjasama dengan Mitra” untuk memperluas koneksi serta kerjasama dengan organisasi eksternal BI. Sharing KMBI juga merupakan bentuk realisasi dari Visi BI Corner Study Club UPN Veteran Jakarta, yaitu “Mewujudkan BI Corner Study Club UPNVJ yang independen dan menjadi UKM yang kreatif, inovatif, dan produktif terhadap pengembangan bakat dan minat Mahasiswa FEB serta aktif terhadap berita yang   terjadi di lingkungan Perekonomian Indonesia dan Bank Indonesia.”

Telah dilaksanakan kegiatan Sharing KMBI pada hari Sabtu, 3 Juni 2023 secara offline di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Kegiatan ini dihadiri oleh 65 peserta mahasiswa/i Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta.

Setelah pembukaan, para hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara. Kemudian, dilanjutkan pembacaan doa oleh Abiyyu untuk kelancaran acara. Setelah itu, para peserta mendengar kata sambutan dari Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu Praptiningsih, S.E. M.M dan pembina BI Corner Study Club UPN “Veteran” Jakarta yaitu Hani.

Kemudian, dilanjutkan kata sambutan dari Ketua BI Corner Study Club UPN “Veteran” Jakarta yaitu Maria Chantica Ardi dan juga kata sambutan dari Ketua Pelaksana yaitu Fera Agustin.

Kemudian, pemandu acara membacakan tata tertib selama mengikuti acara Sharing KMBI. Lalu, memperkenalkan moderator yaitu Alfianti Putri Anjani untuk memandu pemaparan yang akan disampaikan oleh narasumber. Pada pukul 09.40 WIB moderator memperkenalkan narasumber pertama yaitu Aprilda Rosita Fujianty Pardede S.H., M.H. sebagai koordinator program kampus merdeka dan praktisi mengajar Bank Indonesia. Dalam pemaparannya narasumber memberitahu kepada peserta bahwa Bank Indonesia mendukung program Kampus Merdeka dengan memberikan kesempatan belajar di Bank Indonesia hingga 2 (dua) semester bagi mahasiswa-mahasiswa terpilih dari Perguruan Tinggi di Indonesia. Program Kampus Merdeka di BI mencakup 3 area pengembangan talent dengan pendekatan KSA Model, yaitu knowledge sebagai penguatan pengetahuan melalui kegiatan pembelajaran (cognitive task), skill sebagai penerapan pengetahuan melalui proyek/riset yang diberikan (action task), dan attitude pembentukan perilaku melalui interaksi proses kerja sehari-hari (behaviour tasks). Setelah itu, narasumber menyampaikan manfaat ketika mengikuti program KMBI.

Setelah selesai pemaparan yang disampaikan oleh narasumber pertama, moderator membuka sesi tanya jawab terkait paparan. Ketika sesi tanya jawab dibuka terdapat 4 penanya yang bertanya seputar pelaksanaan program KMBI Batch 7 pada pukul 10.33 WIB.

Kemudian dilanjutkan pemaparan sesi kedua yang dipandu oleh moderator. Pada pukul 11.05 WIB moderator memperkenalkan narasumber kedua yaitu Fazya Fani Ramandha sebagai salah satu mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta yang mengikuti program KMBI Batch 6. Pada pukul 11.06 WIB narasumber mulai pemaparkan materi memberikan tips kepada peserta dengan melakukan persiapan seperti persiapan berkas  selain itu, ikhtiar dan bersikap profesional seperti memakai pakaian sopan dan menerapkan 5S, Kemudian, narasumber menjelaskan kegiatan pada saat mengikuti program KMBI yaitu dengan pelajari tugas dan peran BI, pilih project/riset sesuai kompetensi yang ada, serta tetap menjaga nama baik almamater. Setelah itu, narasumber menyampaikan budaya kerja di Bank Indonesia, seperti Resilience, Adaptability, Agile, Multidimensional, Communicative, Problem Solving, dan Strategic Management. Setelah pemaparan, moerator memandu acara pada sesi tanya jawab pada pukul 11.18 WIB. Terdapat 5 penanya yang bertanya seputar kegiatan dan budaya kerja program KMBI.

Setelah sesi tanya jawab berakhir moderator menutup dengan menyampaikan notulensi paparan dari narasumber kedua pada pukul 10.26 WIB, kemudian penyerahan plakat kepada narasumber pertama dan dilanjutkan pengambilan gambar narasumber pertama bersama para peserta dan panitia pada pukul 10.29 WIB.

Setelah pemaparan sesi kedua berakhir pada pukul 11.37, pemandu acara membuka sesi tanya jawab yang berkaitan dengan pemaparan narasumber satu yang berkaitan dengan program penyelenggaraan KMBI dan pemaparan dua yang berkaitan dengan pengalaman dan tips mengikuti program KMBI. Pemandu acara memberi 4 pertanyaan kepada peserta. Pertanyaan tersebut harus dijawab cepat oleh peserta agar menang dalam sesi games ini.

Dan hingga tibalah di penghujung acara, pembawa acara mengumkan penanya terbaik dari masing-masing sesi tanya jawab. Pemenang terbaik pada sesi satu dimenangkan oleh Jannatul Jasmine yang bertanya mengenai modul dan metode pembelajaran ketika mengikuti program KMBI. Kemudian, pemenang pada sesi dua yaitu Fernanda Caesa Rani yang bertanya mengenai budaya kerja dalam mengikuti program KMBI. Setelah itu, pemandu acara berterima kasih kepada peserta, panitia, dan pihak-pihak yang telah berkontribusi di acara Sharing KMBI 2023. Kemudian, pembawa acara resmi menutup acara dengan ini menyampaikan beberapa patah kata yang menandakan telah usai dilaksanakan  acara Sharing KMBI 2023.

Pelaksanaan Sharing KMBI Sharing KMBI juga merupakan bentuk realisasi dari Visi BI Corner Study Club UPN “Veteran” Jakarta, yaitu “Mewujudkan BI Corner Study Club UPNVJ yang independen dan menjadi UKM yang kreatif, inovatif, dan produktif terhadap pengembangan bakat dan minat Mahasiswa FEB serta aktif terhadap berita yang terjadi di lingkungan Perekonomian Indonesia dan Bank Indonesia.” Kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan dalam mengimplementasikan IKU 6 yakni “melaksanakan kerjasama dengan Mitra” untuk memperluas koneksi serta kerjasama dengan organisasi eksternal BI. Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman mengenai program KMBI.

Share :