Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

ABCD FEST atau Accounting Building Career and Development merupakan salah satu rangkaian dari ACCRUAL 2020 (Accounting Throughout Festival), yang mana acara ACCRUAL tersebut merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Akuntansi S1 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. ABCD FEST 2020 memiliki tema batik parikesitBatik Parikesit memiliki makna untuk mencari sesuatu keutamaan, maka harus dilandasi dengan usaha keras dan ketekunan. Makna dari batik parikesit tersebut juga sesuai dengan salah satu tujuan acara ini yaitu meningkatkan kecakapan dan kualitas mahasiswa/i UPN Veteran Jakarta dalam suatu bidang profesi. Dengan adanya kegiatan ini maka diharapkan setelah kegiatan berlangsung para mahasiswa/i dapat mengembangkan potensi yang ada dalam diri dan sebagai salah satu langkah awal dalam mempersiapkan diri dalam dunia kerja.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan tata tertib dari pukul 08.05 sampai pukul 08.07 kemudian dilanjutkan oleh pembukaan MC sampai pukul 08.10. Setelah MC melakukan pembukaan dan penyambutan peserta, acara berikutnya yaitu sambutan oleh Ibu Dr. Ni Putu Eka Widiastuti, SE., M.Si., CSRS selaku Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta pembacaan laporan kegiatan oleh Anita Muliani selaku Project Officer. Selanjutnya pukul 08.18 sampai pukul 08.22 divisi dokumentasi dan design melakukan sesi dokumentasi. Setelah itu pukul 08.22 sampai pukul 08.23 terdapat pemutaran video simbolis. Lalu acara dilanjukan dengan MC membacakan CV Bapak Andi Manggala Putra, S.E., M.Sc., CGP. selaku Moderator acara Workshop ABCD FEST 2020. Selanjutnya acara diambil alih oleh Moderator pada pukul 08.26, dilanjutkan dengan pembacaan CV Pembicara 1 yaitu  Steven Gouw sebagai Co-Founder & CEO at NusaTalent. Kemudia pada pukul 08.30 acara dilanjutkan dengan pemaparan singkat oleh Steven Gouw.

Pemaparan ini memberikan wawasan bagi para pencari perkerjaan mengenai pentingnya pembentukan strategi awal dalam pencarian pekerjaan serta menjadikan mahasiswa/i UPN Veteran Jakarta terutama Fakultas Ekonomi dan Bisnis memahami informasi terkait dunia kerja. Pemaparan ini berlangsung hingga pukul 08.58, setelah itu dilanjutkan dengan Question and Answer juga diskusi sampai pukul 09.29. Setelah pemaparan oleh Steven Gouw, Pada pukul 09.29 moderator memulai membacakan CV dari pembicara ke 2. Pukul 9.34 materi dipaparkan oleh Ria Aprilia A., S.Psi., Psi., CPC sebagai Kepala Divisi Manajemen Bakat at Engineering Career Center. Pemaparan ini memberikan pengetahuan serta pemahaman kepada para peserta kegiatan mengenai psychometric and aptitude test (tes psikometri dan bakat) dan memberikan kiat-kiat kepada para peserta yang akan terjun mencari pekerjaan dalam menghadapi psychometric and aptitude test.  Pukul  10.27 pembicara memberikan kesimpulan materi dari yang sudah disampaikan kepada peserta yaitu, be your self, jangan terlalu memfilter detail yang membuat perusahaan tidak melihat dirimu sendiri.

Pada pukul 10.28 pembicara selesai menyampaikan materi dan  moderator  mengambil alih membuka sesi tanya jawab materi dari pembicara kedua. Pada pukul 11.21 moderator meberikan kesimpulan dari pertanyaan yang sebelumnya. Pada pukul 11.22  moderator berbincang-bincang terkait apa yang sudah dibahas pada hari ini dengan pembicara serta pembicara memberikan motivasi kepada seluruh peserta workshop. Pada pukul 11.23 moderator menutup sesi 2 dan moderator memberikan alih kepada MC. Selanjutnya MC mengambil alih dan memberikan informasi terkait penanya terbaik yaitu Dinda Azhari Faisal, Gemilang Emas, Tharique Nazhief, dan Andina Eka. Pada pukul  11.25 dilanjutkan dengan sesi dokumentasi dan MC memberikan waktu dan tempat untuk divisi dokumentasi mengambil alih untuk sesi foto peserta. Pukul 11.27 MC mengingatkan peserta untuk mengisi form evaluasi di barcode/link. Pukul 11.29 seluruh peserta selesai mengisi form evaluasi dan  MC mengambil alih serta memberikan kalimat penutup dan mengucapkan terimakasih kepada para pembicara moderator, peserta dan seluruh panitia workshop. Pukul 11.30 MC pamit undur diri dan acara Workshop ABCD FEST pada tanggal 6 oktober 2020 resmi selesai.

Share :