Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi S1 (HMJ AKS1) merupakan wadah bagi mahasiswa/i akuntansi untuk menyalurkan minat bakat, baik dalam bidang akademik dan non-akademik. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan mahasiswa/i yang berpotensi tidak hanya dalam satu bidang saja tetapi juga di bidang lainnya. Dalam bidang akademik, HMJ AKS1 senantiasa mendukung mahasiswa/i-nya dengan cara menyelenggarakan acara-acara yang berorientasi pada keahlian nya dalam bidang akuntansi maupun ekonomi. Seperti kompetisi tentang materi akuntansi atau materi-materi lain diluar bidang akuntansi. Untuk mendukung kegiatan di bidang non akademiknya HMJ AKS1 mempunyai banyak program kerja salah satunya ACCRUAL. ACCRUAL merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh HMJ AKS1 dalam rangka memperingati DIESNATALIS HMJ AKS1. Salah satu yang menjadi rangkaian acara ACCRUAL tahun ini adalah CharityCharity merupakan sebuah acara atau program kerja yang ada dibawah naungan atau pengawasan dari Departemen Sosial Masyarakat HMJ AKS1 periode 2020.

Charity tahun ini dilakukan dengan konsep yang agak sedikit berbeda dibandingkan dengan tahun sebelumnya tentu tanpa mengurangi nilai dari Charity  itu sendiri. Perubahan konsep tersebut disebabkan oleh adanya pandemi Covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia. Charity 2020 ini diselenggarakan untuk memperingati hari kesehatan mental sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober setiap tahunnya, mengangkat tema UTILITAS “United Together To Live and Fight With AKS1” dan memiliki empat rangkaian acara di dalamnya.

KOMPETISI VIDEO

Pada rangkaian acara pertama ini, diadakan kompetisi video social campaign yang bertajuk “The Importance of Mental Health” yang dilaksanakan pada tanggal 01 September – 25 September. Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan agar masyarakat khususnya generasi muda lebih sadar dan peduli terhadap isu kesehatan mental. Kompetisi video ini merupakan kegiatan social campaign mengenai isu kesehatan mental sesuai dengan tema yang telah ditentukan.

Peserta kompetisi video berjumlah 16 orang yang kemudian dinilai karyanya oleh panitia Charity 2020, khususnya Divisi Dokumentasi dan Design serta Divisi Acara. Karya dari pemenang kompetisi video ini kemudian ditayangkan pada kegiatan Webinar Quarter Life Crisis dan pemenangnya diumumkan secara resmi pada kegiatan Talkshow.

WEBINAR

Rangkaian acara kedua, diadakan webinar (web seminar) bertajuk “The Importance of Mental Health: Quarter Life Crisis” yang membahas seputar masalah mental yang sering terjadi diusia 18-30 tahun. Acara ini memberikan informasi seputar gejala, faktor, dan cara mengatasi penyakit mental sesuai dengan arahan dokter spesialis kejiwaan dan pakar psikologi. 
Webinar ini diisi oleh dua pembicata. Pembicara pertama ialah pembicara pakar dr. Brihastami Sawtri, SpKJ,, seorang pembicara yang memiliki latar belakang dokter spesialis kejiwaan di Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya, dengan sub-tema “The Fundamental of Quarter Life Crisis”. Dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua oleh narasumber Samanta Ananta., M.Psi., Psikolog, seorang psikolog klinis yang bekerja di Brawijaya Klinik Kemang  sekaligus aktif menulis di blog “Mantananta”. Pembicara kedua ini membawakan sub-tema “How Do Millennials Overcome Their Quarter Life Crisis” menggunakan media Zoom Cloud Meeting.

TALKSHOW

Kemudian, pada Minggu, 4 Oktober 2020, melalui instagram @accrual_upnvj, Charity mengadakan talkshow dengan tema “Be Kind To Your Mind”. Kami mengundang salah satu pembicara yang memiliki riwayat penyakit gangguan mental. Sehingga kami dapat mengetahui bagaimana cara pembicara mengatasi penyakit mental tersebut dan bagaimana kita dapat menghindari penyakit mental itu berdasarkan pengalaman pembicara. Bintang tamu pada acara talkshow adalah aktris Cerellia Raissa. Di akhir acara setelah sesi interaktif dengan narasumber selesai, kami secara resmi mengumumkan pemenang lomba video social campaign.

DONASI

Terakhir adalah donasi yang diserahkan kepada Panti Rehabilitasi Disabilitas Mental Al-Fajar Berseri, Bekasi berupa uang dan beberapa sumbangan berupa baju layak pakai, sabun cuci tangan, dan alat-alat pembersih lainnya yang diharapkan dapat bermanfaat bagi Panti Rehabilitasi Disabilitas Mental Al-Fajar Berseri, Bekasi.

Demikianlah rangkaian acara dari program Charity 2020 dilaksanakan. Diharapkan walaupun dilaksanakan secara online tidak mengurangi nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Share :