Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Seminar Nasional Akuntansi 2019 merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian acara ACCRUAL yang diadakan rutin tiap tahun dan diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi S1 (HMJ AKS1) dengan tujuan mengembangkan pengetahuan bagi para mahasiswa terkait perubahan mengenai ekonomi dan akuntansi yang mengikuti zaman.

Tema yang telah diterapkan oleh Seminar Nasional Akuntansi 2019 yaitu Strategy In Indonesian Digital Invisible Cash dan bernuansakan Bali. Kata dari tema sendiri berasal dari kosakata Inggris yang berarti strategi perusahaan digital kas di Indonesia. Pembahasan ini diisi oleh dua pembicara yaitu bapak Archie Anugrah (Head of CEO at Payfazz) dan Hasan Alaydrus (Owner Babamandhirice), tema yang dibahas ini terkait bagaimana mereka menjalankan usahanya dalam bidang digital invisible cash yang diisi oleh bapak Archie Anugrah dan menjelaskan bagaimana seorang pengusaha yang menggunakan alat pembayaran digital cash dalam usaha Babamandhirice yang diisikan oleh bapak Hasan Alaydrus.

Seminar Nasional Akuntansi 2019 ini telah dilaksanakan pada Selasa tanggal 01 Oktober 2019 yang diikuti oleh 231 peserta, bertempat di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika Lantai 4 Gedung Rektorat Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Acara ini diawali dengan pembukaan oleh MC dan membacakan tata tertib peserta dilanjutkan dengan membaca do’a kepada Tuhan YME agar acara ini dilancarkan.

Setelah do’a, peserta dan panitia diharap untuk berdiri menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara yang dipimpin oleh drigen Nadifa Vicri. Setelah menanyikan lagu, acara dilanjutkan dengan penampilan dari Seni Tari Veteran Jakarta dengan menarikan tarian dari Bali.

Acara dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh ketua Seminar Nasional Akuntansi 2019 Lasca Radella yang berisikan menjelaskan rangkaian kegiatan dari Seminar Nasional Akuntansi 2019. Setelah itu diadakan sambutan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis bapak Drs. Munasiron Miftah, S.E., M.M.. Setelah sambutan dilanjutkan dengan penyerahan bingkai bergilir ACCUAL dari ketua Company Visit Tiara Dewi kepada ketua Seminar Nasional Akuntansi 2019 Lasca Radella.

Setelah penyerahan bingkai, dilanjutkan dengan pembacaan Curriculum Vitae moderator ibu Ayunita Ajengtiyas Saputri Mashuri, S.E., M.Acc., M. Com.. Oleh MC sekaligus penyerahan acara dari MC kepada moderator. Acara inti dimulai dan dibuka dengan pembacaan Curriculum Vitae narasumber Archie Anugrah dan Hasan Alaydrus oleh moderator. Dilanjutkan dengan pemberian materi Inklusif Payfazz oleh bapak Archie Anugrah yang berisikan tentang bagaimana perusahan Payfazz tersebut dapat berdiri dan menyebarluaskan usahanya di Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan talkshow seputar usaha Babamandhirice oleh ownernya bapak Hasan Alaydrus yang berisikan bagaimana dia mendirikan usaha tersebut, kelancaran usaha tersebut hingga dapat menjalin hubungan kerjasama dengan Go-Pay dan OVO, hingga bagaimana cara dia mempromosikan usaha tersebut.

Sebelum acara ditutup, dijelaskan/Review materi dari para pembicara oleh moderator dari penjelasan terkait materi yang diberikan narasumber hingga penjelasan dari sesi tanya jawab antara narasumber dan audience. Adanya penyerahan plakat dan sertifikat kepada pembicara dan moderator oleh Ketua Jurusan Akuntansi Ibu Dr. Ni Putu Eka Widiastuti, S.E., M.SI, CSRS.. Dan pemberian hadiah dan sertifikat Zahir oleh Dosen Akuntansi Ibu Dwi Jaya Kirana, S.E., M.S.Ak..

Setelah penyerahan plakat pembicara, moderator dan penyerahan sertifikat Zahir, diberikan hadiah kepada para penanya terbaik oleh MC. Demikian rangkaian acara kegiatan Seminar Nasional Akuntansi 2019 ditutup oleh MC pada hari Selasa, 01 Oktober 2019 pada jam 11.48-11.52

GALERI KEGIATAN :

Share :