Insightful and Responsibility of Students Accounting

Aug 27, 2019 | Berita

Kegiatan Masa Bimbingan Akuntansi S1 2019 bertema IFRS (Insightful and Responsibility of Students Accounting), diikuti oleh 220 mahasiswa baru Akuntansi S1 yang dibagi menjadi 20 kelompok. Acara terselenggara pada tanggal 27 Agustus 2019, pukul 08.00-16.00 WIB di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika Lantai 4, Gedung Jendral Sudirman, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Acara ini dipandu oleh Fakry Seftian dari AKS1 2017 serta Kania Azizah Putri dari AKS1 2018 sebagai Master of Ceremony (MC) dan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara. Setelah itu,  Bapak Drs. Nobelson, MM. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama memberi sambutan dan dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh Ketua Pelaksana Mabim AKS1 2019, Rabina Laila. Acara selanjutnya yaitu permainan teka-teki silang dan kahoot yang terdiri dari soal-soal mengenai akuntansi dengan harapan agar para mahasiswa/i dapat memperoleh wawasan dan pengetahuan dasar mengenai akuntansi. Sehingga kedepannya diharapkan mahasiswa/i dapat memiliki pondasi agar lebih mudah dalam menjalankan materi-materi akuntansi ke tingkat selanjutnya. Selain itu, kita memiliki games tebak gaya guna mempererat hubungan antara mahasiswa Akuntansi S1 2019.

Kegiatan selanjutnya adalah pemaparan tugas dan fungsi dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi S1 guna menambah wawasan mahasiswa baru terkait dengan program kegiatan yang dilaksanakan oleh HMJ AKS1. Setelah pemaparan dari HMJ AKS1, mahasiswa baru menampilkan yel-yel tiap kelompok yang telah dibuat guna mempererat hubungan mahasiswa baru. Setelah penampilan yel-yel kelompok, diumumkan 4 kelompok dengan nilai tertinggi (hasil akumulasi dari games teka-teki silang dan kahoot) untuk maju kelomba selanjutnya yaitu debat. Setelah pengumuman 4 kelompok tersebut, acara selanjutnya adalah ISHOMA (Istirahat, Solat, Makan) dimuali pukul 12.00-13.00 WIB.

Acara dimulai kembali pukul 13.00 WIB dengan penayangan video perkelompok yang sebelumnya dijadikan tugas rumah dengan isi mengenai CSR (Corporate Social Responsibility) oleh beberapa perusahaan. Setelah penayangan 10 kelompok pertama, acara selanjutnya adalah debat. Alasan diadakannya debat pada acara Masa Bimbingan Akuntansi 2019 yaitu sebagai wadah berkembangnya potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, terampil, kompeten, dan berbudaya. Salah satu pembinaan tersebut adalah melalui kompetisi debat. Mahasiswa sebagai agen perubahan yang memiliki ilmu tinggi harus idealis yang terlepas dari pengaruh pihak manapun. Idealisme yang dimiliki mahasiswa membuatnya semangat melakukan perjuangan terhadap kebenaran yang diyakini. MABIM (Masa Bimbingan) dapat dijadikan pintu gerbang mengenai dunia kampus khususnya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Akuntansi S1. Selain itu, dapat menanamkan sikap, pola pikir, wawasan serta tanggung jawab dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi baru pada berbagai bidang usaha, serta kebutuhan tingkat profesionalisme (knowledge, hard skill, soft skill) yang semakin tinggi.

Setelah dilakukan debat, maka diberi penilaian oleh juri yang terdiri dari Bang Ipang (AKS1 2013), Bang Ghafar (AKS1 2015), dan Kak Sevia (AKS1 2016) mengenai hasil debat tersebut dan juri memberi kesimpulan dari hasil debat. Kemudian, setelah juri memberi kesimpulan dilakukan kembali penayangan video untuk kelompok 11-20. Setelah dilakukan penayangan video, maka acara selanjutnya adalah pengumuman pemenang yang kemudian diikuti dengan penutupan yang diisi oleh penampilan dari AKS1 Project. Setelah itu, dilakukan foto bersama sebagai penutup dari acara Mabim AKS1 2019.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran

 

Banner Mabim AKS1 2019

 

 

 

 

 

 

1.    
Sambutan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

 

2.    


Sambutan Ketua Pelaksana

 

 

3.    


Pelaksanaan Teka-Teki Silang dan Kahoot

 

 

 

 

 

4.    


Games Tebak Gaya

 

 

 

5.    
Penampilan yel-yel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.     Pemaparan HMJ

 

 

 

 

 

 

 

 

7.      ISHOMA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8.      Penayangan video kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9.      Pelaksanaan Debat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10.  


Pengumuman Pemenang

 

 

 

11.   Penampilan AKS1 Project

 

12.   Foto Bersama

 

 

Galeri Foto Kegiatan :

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *