Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Acara workshop diselenggarakan oleh BI Corner FEB UPN Veteran Jakarta pada tanggal 24 Agustus 2018, diikuti oleh  50 peserta mahasiswa FEB, dengan pembicara dari harian Neraca yaitu Pemimpin Redaksi Bpk. Firdaus Baderi dan Redaktur Bpk. Rindy Rosandi. Workshop ini mengangkat tema mengenai penulisan artikel di media cetak yang dimaksudkan untuk memberikan arahan dan pengetahuan tambahan mengenai dunia jurnalistik dan cara menghasilkan artikel yang berkualitas, sekaligus menaikan minat Mahasiswa FEB UPN Veteran Jakarta dengan dunia jurnalistik sebagai salah satu modal penting ke depannya.

Sebelumnya para peserta sudah diberikan himbauan untuk membawa laptop dan artikel sebagai syarat mengikuti workshop in. Acara diawali dengan pemberian kata sambutan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FEB UPNV Jakarta Bpk. Drs. Munasiron Miftah, MM., dilanjutkan kata sambutan oleh ketua BI Corner UPNV Jakarta Sdr. Bima, dan rangkaian acara dimulai dengan pembacaan doa bersama oleh Sdr Niftal Amal.

Masuk ke sesi pertama yang merupakan materi pengetahuan dasar seputar dunia jurnalistik yang dibawakan secara bergantian oleh kedua narasumber, peserta diberikan pemahaman mengenai dunia jurnalistik dan aturan serta tantangan yang harus dihadapi oleh seorang jurnalis. Diakhir sesi pertama narasumber memberikan materi mengenai jenis karya tulis dan aturan yang benar bagi seseorang yang ingin menghasilkan karya tulis yang berkualitas. Sesi pertama ditutup dan dilanjutkan dengan ISHOMA.

Sesi kedua diisi dengan materi praktek menulis langsung bagi para peserta, dimana peserta sebelumnya telah membawa draft penulisan sebagai syarat mengikuti kegiatan ini, pada sesi ini peserta dibimbing langsung oleh para narasumber, hasil tulisan yang dibuat pun langsung dipresentasikan dan diberikan koreksi maupun saran perbaikan oleh narasumber. Narasumber juga berbagi tips mengenai cara membuat tulisan yang baik dan berbagi pengalaman dengan hasil tulisan narasumber.

Sebelum memasuki bagian terakhir acara, dipilih 3 tulisan terbaik oleh para narasumber yang selanjutkan akan diberikan kesempatan untuk bisa dimuat tulisan tersebut di harian Neraca. Acara ditutup dengan pemberian simbolis dari Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FEB UPNV Jakarta Ibu Suharyati, SE, MM dan sesi foto bersama dengan seluruh peserta workshop.

Share :