Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jakarta, 30 Juli 2018, mahasiswa anggota BI Croner study club melaksanakan kegiatan JOB FAIR 2018 yang pertama. Tepatnya pada hari senin tanggal 31 Juli 2018 di Plaza Fakultas Kedokteran Gd. Dr. Wahidin Sudiro Husodo. Peserta job fair adalah mahasiswa tingkat akhir yang mencari pekerjaan, harapan kami dari kegiatan ini dapat memberi manfaat dan pekerjaan yang cocok kepada para mahasiswa tingkat akhir.

Kegiatan dimulai pukul 09:00 WIB, acara dipandu oleh Della dan Vani sebagai MC, kemudian untuk pembacaan doa dipandu oleh Bapak Ade Nurrohim, SHI, MEI agar kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Dekan FEB Dr. Prasetyo Hadi, SE, MM, CFMP. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Rektor UPNVJ Prof. Dr. Ir. EDDY S. SIRADJ, M.Sc, Eng sekaligus meresmikan pembukaan acara Jobfair UPNVJ. Setelah itu CEO Top Karir Bayu Janitra ikut memberikan sambutan.

Persentasi dimulai oleh Top Karir dengan narasumber oleh salah satu ceo topkarir, Bapak Bayu Janitra yang mana ia sudah memiliki pengalaman profesional 15 tahun menjadi Marketing, Bisnis Develop, Product Management, Marketing Digital dan masih banyak lagi. Beliau memberikan masukan kepada para mahasiswa untuk dapat meraih sukses di usia muda yaitu JANGAN LALAI. Terdapat 3 hal dalam diri yang harus dicari, antara lain; kenali diri, yaitu potensi, kelemahan dan kepribadian kita. Pembekalan diri dengan banyak pengalaman, mejual diri dan bermimpi juga menjadi hal penting untuk meraih sukses.

Beliau juga menjelaskan kepada kita beberapa tips berdasarkan pengalamannya untuk persiapan masuk kerja yaitu siap komitmen, attitude yang baik, dan paham akan aturan yang ada. Menurutnya sebelum zaman secanggih sekarang, banyak lulusan baru yang sangat sulit mendapat pekerjaan karena minimnya informasi, seperti halnya informasi lowongan pekerjaan yang hanya bisa didapat pada koran di koran hari Sabtu saja. Maka dari itu, jumlah pengangguran didominasi oleh lulusan baru di tingkat  S1 dan D3. Bukan karena mereka tidak mau bekerja, tetapi kesempatan kerjanya yang menjadi masalah.  Sedangkan sekarang sudah sangat mudah bagi kita semua untuk bisa mengakses informasi, hanya dengan laptop atau hanya dengan genggaman kita bisabrowsing menggunakan ponsel pintar kapanpun dan dimanapun tanpa harus menunggu di hari tertentu. Karena kemudahan yang sudah ada, kita harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut sebaik-baiknya untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya guna mempermudahkan kita mendapatkan pekerjaan, salah satunya dengan menggunakan aplikasi lowongan kerja. Dan yang terakhir, Bapak Bayu memberikan saran untuk mahasiswa yang baru lulus dan belum juga mendapat pekerjaan dalam tempo 2-3 bulan yaitu dengan magang. Karena magang merupakan jendela kesempatan. Dari magang, kita bisa tau dimana letak kesalahan kita selama melamar pekerjaan. Dan dari magang itu kita juga bisa melatih kedisiplinan, dengan mengikuti program dan aturan – aturan yang ada dalam perusahaan itu. Topkarir juga bekerjasama dengan linejobs untuk memudahkan kita mencari informasi lewat aplikasi yang sering digunakan.

Sepanjang acara terdapat kuis dan beberapa souvenir juga dari Line yang disediakan penyelanggara acara yang bertujuan untuk menghibur para calon pelamar yang sedang menunggu antrian disetiap stand. Acara hari ini dibantu oleh berbagai pihak seperti perwakilan dari Top Karir yang ikut mengawasi jalannya kegiatan, lalu utusan dari BI Corner Study Club dan beberapa karyawan kampus FEB UPNVJ yang membantu dalam hal pengecekan akun Top Karir peserta jobfair dan registrasi daftar hadir maupun yang ingin membuat akun Top Karir.

Acara ini sangat bermanfaat karena membuka jalan bagi mereka yang ingin menempuh karir baik yang baru lulus maupun yang ingin meningkatkan jenjang karirnya, harapannya agar acara ini bisa terus terlaksana secara rutin dengan skala yang terus meningkat agar benar dirasakan manfaatnya oleh berbagai pihak.

Share :