Fakultas Ekonomi dan Bisnis

LOMBA AKUNTANSI SE-JABODETA

INCOME (IMAKSI AHMAD DAHLAN COMPETITION) 2018

di STIE Ahmad Dahlan

Senin, 9 April 2018 kami sebagai anggota Tim UPN 1 berangkat ke STIE Ahmad Dahlan menggunakan Go-Jek.  Pada hari itu, kami dan 1 tim UPN lainnya tiba di STIE Ahmad Dahlan Pukul 13.40 WIB untuk mengikuti kegiatan Technical Meeting yang dimulai pukul 14.00 WIB. Di hari itu, kami mendapatkan penjelasan terkait lomba akuntansi dari panitia. Sehari kemudian, Tim UPN 1 berkumpul untuk kembali mengulas konsep lomba yang dijelaskan sewaktu Technical Meeting, guna memahami setiap detail lomba.

Delapan hari kemudian, tepatnya Selasa, 17 April 2018 kedua tim UPN mengikuti lomba akuntansi bertajuk “Income”. Keenam mahasiswa yang tergabung dalam dua tim ini, berangkat ke STIE Ahmad Dahlan menggukan motor pribadi dan Go-Jek. Satu per satu kami tiba di STIE Ahmad Dahlan, dari yang sampai pertama pada pukul 06.48 WIB, dan sampai terakhir pada pukul 07.55 WIB.

Pukul 08.20 acara dimulai, Master of Ceromony (MC) membuka acara dan menyambut hangat setiap peserta yang sudah datang. Lomba Akuntansi “Income” ini bersifat umum “Se-Jabodeta”, yang mana diikuti oleh 10 Tim dari 5 Universitas berbeda. Setelah menyambut peserta, MC memberikan instruksi kepada setiap peserta untuk duduk di kursi sesuai arahan panitia. Lomba Akuntansi ini terdiri dari babak Multiple Choice yang dikerjakan secara individu oleh setiap tim, untuk mengambil 5 tim terbaik. Setelah itu, babak Semi Final, yang dikerjakan secara tim oleh 5 tim terbaik. Kemudian diambil 3 tim terbaik yang berhak memasuki babak Final. Pada babak Final ini dilaksanakan Cerdas Cermas secara tim.

Pada Lomba Akuntansi tersebut, UPN berhasil mengirim dua Tim sampai babak Semi Final (5 besar). Hanya berjeda kurang dari 60 menit, kelima tim yang lulus kembali melanjutkan kompetisi, dengan mengerjakan soal Kasus secara tim. Pada babak Semi Final tersebut, tersedia 2 soal kasus yang harus dikerjakan oleh setiap tim dengan durasi waktu 90 menit. Setelah selesai babak Semi Final, setiap tim dipersilahkan untuk Ishoma (istirahat, sholat, dan makan) dari pukul 13.00 – 14.00 WIB. Namun, waktu Ishoma mengalami tambahan waktu sampai pukul 13.40 WIB. Setelah istirahat, kelima tim memasuki ruangan sambil menanti pengumuman tim yang berhak memasuki babak Final. Pada Babak Final, UPN berhasil mengirimkan satu timnya atas nama Tim UPN 1. Puncaknya, Tim UPN 1 berhasil menyandang gelar Juara 1 pada Lomba Akuntansi “Income” tersebut.

Rangkaian Lomba Akuntansi “Income” berakhir pada pukul 15.00 WIB. Acara ini diakhiri dengan kegiatan berjabat tangan setiap tim yang memasuki Final, kemudian diikuti oleh foto bersama finalis Lomba Akuntansi dengan Juri. Setelah acara selesai, keenam mahasiswa UPN kembali menuju UPN menggunakan 3 motor pribadi (bergoncengan), dan tiba di kampus pada pukul 15.50 WIB.

Share :