Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Pada hari Sabtu (5/10/2024), telah berlangsung kegiatan Festival Economic Summit (FEAST) 2024 dengan tema “Break the Illusion: Exposing Reality Beyond the Dreams of Indonesia 2045” yang diadakan oleh Bidang Sosial Politik, BEM FEB UPN “Veteran” Jakarta. Festival Economic Summit (FEAST) merupakan seminar ekonomi politik yang bertujuan untuk menguatkan pemahaman peserta mengenai bonus demografi dan implikasinya bagi Indonesia itu sangat penting, terutama untuk meningkatkan kesadaran akan peran sentral generasi muda. Selain itu, pengembangan kapasitas berpikir kritis dan kreatif peserta diperlukan agar mereka memiliki tekad dan keberanian yang kuat dalam berkontribusi bagi pembangunan negara. Kegiatan ini dilakukan secara hybrid melalui online via Zoom Meeting dan offline di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika UPNVJ. Festival Economic Summit (FEAST) 2024 dihadiri oleh lebih dari 700 orang dari berbagai universitas.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Ketua Pelaksana, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FEB UPN “Veteran” Jakarta, Pihak dari Komisi.co, dan Ibu Praptiningsih, SE., MM., selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama. Dalam Sambutannya, Fadhil Alfarisi selaku Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FEB UPN “Veteran” Jakarta menyampaikan bahwa, “Acara Festival Economic Summit (FEAST) tidak hanya sekedar menjadi sebuah platform diskusi, namun juga bertujuan untuk menjadi panggung intelektual yang mampu menghasilkan pemikiran-pemikiran yang mendalam dan solutif.” jelas Fadhil pada saat memberikan sambutan.

Acara kemudian diikuti dengan tayangan video dari keynote speaker acara, yaitu Bapak H. Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc., M.P.A., M. A., selaku Menteri Agraria dan Tata Ruang merangkap Kepala Badan Pertahanan Nasional. Dalam sambutannya, Bapak H. Agus berkata, “Dengan adanya acara ini, Festival Economic Summit (FEAST) diharapkan mampu menciptakan dampak yang transformatif bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta serta masyarakat Indonesia secara luas, dalam merespons dan menghadapi berbagai dinamika kompleks yang tengah terjadi di negeri ini.”

Pemaparan Materi Oleh Narasumber Gianluigi Christoikov

Setelah rangkaian sambutan, acara mulai memasuki kegiatan pemaparan materi yang dipandu oleh moderator yaitu Ibu Indri Arrafi Juliannisa, SE., ME., selaku salah satu dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPNVJ serta Kepala Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPNVJ. Pemaparan materi yang pertama dibawakan oleh CEO Komisi.co, yaitu Gianluigi Christoikov. Beliau membawakan materi tentang betapa pentingnya fungsi media yang dapat dimanfaatkan untuk pembenahan infrastruktur, digitalisasi, investasi, dan banyaknya anak muda yang mendapat ruang untuk memimpin bangsa. Hal-hal tersebutlah yang akan menentukan bagaimana bangsa Indonesia pada tahun 2045 yang akan memasuki era keemasannya, dengan bonus demografi usia produktif pada usia Indonesia yang ke 100 tahun. “Apa yang kita lihat dan kita proses dari media mempengaruhi cara kita melihat dan bertindak untuk Indonesia.” tutur Gianluigi Christoikov. Pemaparan materi pertama ditutup dengan sesi tanya jawab peserta offline dan online, serta sesi games.

Berikutnya memasuki pemaparan kedua yang dibawakan oleh Cania Citta Irlanie, selaku komentator politik dan Co-Founder dari Malaka Project. Dalam pemaparannya, Cania Citta membawakan materi yang berfokus pada bagaimana petinggi-petinggi atau orang-orang yang berpengaruh di Indonesia dapat mengakibatkan bangsa Indonesia lebih terpuruk apabila kekuasaan mereka disalahgunakan. Maka dari itu, diperlukan banyaknya masyarakat Indonesia terutama mahasiswa-mahasiswi yang cerdas untuk ikut andil dalam bersuara secara aktif dan efektif demi membela serta melindungi bangsa Indonesia dari penyalahgunaan kekuasaan. Cania Citta juga beranggapan bahwa kemampuan berpikir dan wawasan dasar dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia yang demokratis, melalui metode pendidikan yang tepat sehingga mencapai learning outcomes yang ingin dicapai. Berakhirnya pemaparan materi kedua pun ditutup dengan sesi tanya jawab peserta offline dan online.

Setelah semua rangkaian kegiatan acara selesai, Festival Economic Summit (FEAST) 2024 ditutup dengan pemberian plakat dan dokumentasi bersama narasumber, penampilan stand up comedy yang dibawakan oleh Ramadhan Fikri, pengumuman penanya terbaik dan pemenang games, serta penutupan oleh MC.

Demikianlah kegiatan acara Festival Economic Summit (FEAST) dengan tema “Break the Illusion: Exposing Reality Beyond the Dreams of Indonesia 2045” sudah terlaksana dan berjalan dengan baik untuk untuk membangun kesadaran kolektif akan pentingnya kontribusi setiap individu dalam mencapai visi Indonesia sebagai negara maju pada tahun 2045.

Share :
Tags: