Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Sabtu (24/8/24) telah diselenggarakan seminar Career Talk sebagai rangkaian acara selanjutnya dari Accounting Building Career Development Festival 2024 (ABCD Fest 2024) yang mengusung tema SEEDS Summit (Strategic Auditing, Effective Communication, Career Visioning, Development CV Crafting). Acara ini mengusung tema Branching Out: Exploring Career Paths dengan tujuan utama untuk mempersiapkan mahasiswa/i dalam meningkatkan keterampilan dan kualitas mahasiswa/i untuk memasuki dunia kerja dengan memberikan informasi dan gambaran mengenai dunia kerja dibidang yang bisa dipilih oleh mahasiswa/i, khususnya lulusan S1 Akuntansi. Acara ini dihadiri oleh 281 peserta yang terdiri dari mahasiswa/i UPN “Veteran” Jakarta dan  berbagai mahasiswa/i di luar UPN “Veteran” Jakarta. Terdapat 4 narasumber untuk setiap sesi pada acara ini, sesi pertama diisi oleh Reichan Abdikar, S.E., sebagai Data Analyst Senior Manager di Blue Bird Group, sesi kedua oleh Irfan Gustani, S.E. sebagai Senior Operations Finance Controller Manager Regional 2 di PT Tirta Investama (Danone Group), sesi ketiga oleh Muhammad Wildan Rizkiawal, S.Ak., selaku Associate Auditor di Grant Thornton Indonesia, dan sesi terakhir dibawakan oleh Bapak Tharique Nazief, S.Ak., sebagai Specialist Transfer Pricing Litigation di Danny Darussalam Tax Center (DTCC).

ABCD Fest 2024 adalah festival tahunan dari Himpunan Mahasiswa S1 Akuntansi UPN “Veteran” Jakarta, yang menyediakan pelatihan dan seminar untuk meningkatkan kualitas dan daya saing mahasiswa. Tahun ini, seminar Career Talk menjadi acara unggulan yang membantu mahasiswa mempersiapkan karir baik di bidang akuntansi maupun diluar akuntansi serta  pengembangan diri di dunia profesional.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta, Ibu Dr. Jubaedah, S.E., M.M., menyampaikan apresiasi kepada panitia dan HIMA atas penyelenggaraan acara yang mampu memberikan dampak positif bagi peserta. Beliau menekankan pentingnya memilih karir sejak dini mengingat pesatnya perkembangan dunia bisnis, dan berharap acara ini dapat meningkatkan daya saing mahasiswa di pasar kerja serta memberikan inspirasi bagi masyarakat sekitar. 

Sesi pertama dibawakan dengan topik pembahasan “Flourishing in Fresh Fields: Exploring Non-Accounting Career Meadows.”Narasumber membagikan perjalanan karirnya dan tantangan yang dihadapi, menyoroti tiga faktor utama beralih karir, yaitu perubahan pasar kerja, minat pribadi, dan keterampilan baru. Ia memberikan panduan untuk switch career dan menekankan meskipun teknologi menggantikan beberapa pekerjaan, tapi juga menciptakan peluang baru. Sesi ditutup dengan pesan bahwa nilai yang diberikan kepada masyarakat lebih penting daripada kesesuaian jurusan. Berikutnya, di dalam talkshow membahas tantangan switch career dan pentingnya semangat belajar serta dukungan dari rekan kerja.

Sesi kedua, dengan topik “Harvesting Opportunities: Cultivating Career Fields in Accounting” membahas mengenai pengalaman karir beliau di bidang akuntansi, ini menekankan pentingnya memahami job description dan relevansi keterampilan. Beliau juga menggarisbawahi pentingnya pembelajaran berkelanjutan, pengembangan jaringan profesional, serta mengikuti perkembangan teknologi melalui aplikasi, AI, dan bootcamp. Kepemimpinan dan kemampuan analitis juga dianggap krusial untuk karir. Karenanya, beliau mendorong peserta untuk menentukan bidang spesifik dalam akuntansi dan menetapkan jalur pembelajaran. Pada sesi Talkshow sendiri menyoroti pentingnya motivasi, target, kebanggaan pencapaian, serta menjaga ketelitian dan integritas di awal karir. Tipsnya meliputi aktif berorganisasi, memperkuat iman, dan bergaul di lingkungan positif.

Untuk sesi ketiga membahas mengenai “Sowing Seeds of Success: Cultivating Career Growth in the Audit Field.” Narasumber menjelaskan lima jenis profesi auditor, dua kategori layanan (Assurance dan Non-Assurance), serta lima prinsip utama untuk sukses sebagai auditor, yakni integritas, objektivitas, kompetensi, kerahasiaan, dan perilaku profesional. Sebagai penutup, beliau memberikan panduan praktis untuk memulai karir audit, yaitu harus aktif dalam kegiatan kampus, mengikuti courses, internship, dan sertifikasi profesional untuk meningkatkan daya saing dan mempersiapkan karir.

Materi sesi terakhir membahas mengenai topik “Taxing Routes: Mapping Career Pathways in Taxation.” Materi ini menjelaskan tentang ruang lingkup konsultan pajak, kutipan IMF tentang tax ratio, serta sengketa dan penyelesaian pajak. Sesi diakhiri dengan tips mencari pekerjaan, termasuk mengetahui minat, membangun ilmu dan etika, bersikap realistis, dan meningkatkan nilai jual diri. Selain itu, penjelasan mengenai sengketa perpajakan serta proses penyelesaian sengketa pajak juga ikut dibahas, disertai dengan contoh pengaplikasiannya.

Menjelang akhir acara, moderator memulai sesi dengan memberikan ulasan komprehensif terkait seluruh materi yang telah disampaikan oleh keempat narasumber. Beliau menyoroti berbagai wawasan berharga yang dapat diterapkan oleh para peserta dalam mengembangkan karir mereka. Setelah sesi pemaparan dan diskusi selesai, moderator menerima penghargaan berupa penyerahan sertifikat oleh MC sebagai bentuk apresiasi dan rasa terima kasih atas peran pentingnya dalam memandu jalannya acara.

Share :