Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Pada hari Jumat (16/8/2024) dilaksanakan kegiatan program kerja HIMA S1 Manajemen yaitu Masa Bimbingan Manajemen (MAMEN) dengan tema “Superhero” yang dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) Universitas dan Fakultas.

Hari pertama dilaksanakan pada hari Jumat (16/8/2024) secara daring melalui zoom meeting yang dimulai sejak pukul 07.30 s.d. 14.30 WIB. Kegiatan ini diawali dengan sambutan Ketua Himpunan S1 Manajemen, Deva Fabiola yang menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa baru di UPN “Veteran” Jakarta, dan berharap semoga lewat mamen mahasiswa baru mempunyai basic soft skill yang bisa berguna buat ketika masuk ke jenjang perkuliahan. Kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Project Officer MAMEN 2024, Fatra Laksamana Farhan, yang menyampaikan selamat kepada para mahasiswa baru S1 Manajemen tahun 2024 dan berharap bahwa tema dari MAMEN tahun ini yaitu superhero dapat membawa artian bahwa superhero di dunia nyata adalah manusia yang sukses dan mampu membanggakan orang tua, bukanlah manusia yang mempunyai kekuatan super. Ia pun juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi sebanyak banyaknya kepada seluruh panitia dan Vice Project Officer MAMEN 2024.

Kegiatan selanjutnya adalah paparan materi “Pengenalan Manajemen” dari Kaprodi S1 Manajemen, Siti Hidayati, SE., MM. tentang sistematika perkuliahan dan pembelajaran di S1 Manajemen.

Setelah pemaparan materi “Pengenalan Manajemen” diberikan, Muhammad Faturrohman Arkaan Sunyoto yang merupakan wakil BEM FEB menyampaikan materi kedua mengenai Kepemimpinan dan organisasi. Menurutnya, seorang pemimpin harus bisa membuat keputusan yang tepat pada waktu yang tepat, menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat dan memotivasi perilaku setiap orang dalam suatu organisasi.

Materi selanjutnya merupakan Pengenalan HIMA S1 Manajemen yang diberikan oleh Deva Fabiola selaku Ketua HIMA S1 Manajemen 2024 yang menjelaskan tentang sejarah, fungsi, sistem dan tugas pokok serta program kerja HIMA S1 Manajemen.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Ice Breaking selama 15 menit, Ice Breaking yang dilakukan yaitu tebak kata yang tersembunyi pada gambar yang sudah disediakan oleh panitia. Materi ketiga disampaikan oleh Wakil Ketua HIMA S1 Manajemen yaitu Satria Putra Syahren dengan materi “Problem Solving”. Beliau menyampaikan bahwa Problem solving sangat penting dalam kehidupan akademis dan profesional untuk menghadapi tantangan, pengambilan keputusan, peningkatan efisiensi, inovasi dan kreativitas serta kepemimpinan dan kerja sama.

Materi keempat disampaikan oleh Dr. Kusumajanti,  S. Sos. MM., MSI dengan materi Bela Negara. Beliau menjelaskan bahwa Bela Negara merupakan sebuah ancaman seperti boomingnya film atau drama dari Korea, yang dapat menjadi ancaman contohnya seperti pakaian yang mengikuti budaya Korea. Sebagai mahasiswa manajemen dalam mengimplementasikan bela negara dapat dilakukan dengan membantu masyarakat atau desa-desa yang membutuhkan bantuan.

Kegiatan selanjutnya adalah sharing alumni yang disampaikan oleh Riza Ghani yang merupakan alumni S1 Manajemen UPN Veteran Jakarta. “Sebagai mahasiswa harus mempunyai skill basa basi, jangan malu untuk bertanya, di dunia kerja ga melulu di suapin jadi kita harus banyak tau, sebenernya kalo kerja itu pasti diajarin tapi kita harus bisa tau dari hasil kita sendiri, itu hard skill dan soft skill yang aku gunakan selama kerja” pendapat Riza Ghani tentang hard skill dan soft skill yang harus dikembangkan. Beliau juga memberikan saran bahwa jika ingin sukses harus berusaha, berdoa, meminta restu sama orang tua, serta jangan angkuh dan harus rendah diri.

Selanjutnya Workshop tentang CV Building yang disampaikan oleh Listya Andini. Beliau menyampaikan secara detail tentang apa saja yang harus dicantumkan dalam CV seperti harus mencantumkan asal sekolah atau kampus, dalam CV tidak perlu mencantumkan pengalaman dari TK, SD, SMP jadi bisa di mulai dari SMA lalu ke pengalaman saat kuliah, selain itu harus mencantumkan secara jelas acara yang pernah diikuti dari jobdesk, nama perusahaan dan lain-lain. Beliau juga melakukan review CV kepada peserta MAMEN 2024.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi dokumentasi dan ditutup oleh MC. Acara MAMEN (Masa Bimbingan Manajemen) hari pertama berakhir dan para peserta keluar dari ruang zoom satu per satu.

Share :