Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Kelompok Studi Mahasiswa Tax Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta kembali mengadakan kegiatan perlombaan Taxpression: Tax Competition 2024 pada hari Jum’at (16/08/2024). Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. Peserta dari perlombaan ini adalah mahasiswa/i jenjang Perguruan Tinggi dari berbagai daerah.

Dengan mengusung tema “Perpajakan 4.0: Technology Transformation in The World of Taxation to Foster Sustainable Economic Development”, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi dan memotivasi generasi muda mengenai pentingnya peran perpajakan dalam era digital. Melalui kegiatan ini, mahasiswa/i diberikan kesempatan untuk mengembangkan minat dan bakat mereka di bidang perpajakan dalam sisi perlombaan, sekaligus diperkenalkan pada berbagai issue teknologi yang kini menjadi tulang punggung dalam mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan. Dengan menyediakan wadah perlombaan yang interaktif dan inspiratif, acara ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran serta kesiapan mahasiswa/i untuk berkontribusi dalam memajukan sistem perpajakan di masa depan, yang semakin terdigitalisasi dan berperan krusial dalam menciptakan kesejahteraan ekonomi secara global. Adapun dewan juri yang melakukan penilaian pada perlombaan Taxpression: Tax Competition kali ini adalah Ibu Dr. Dianwicaksih Arieftiara, SE., Ak., M.Ak., CA., CSRS.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh tim yang telah berhasil lolos ke tahap semifinal kompetisi Taxpression: Tax Competition 2024. Kompetisi ini tidak hanya menguji kemampuan individu, tetapi juga kerja sama tim. Pada tahap semifinal ini, kami tidak hanya menilai kemampuan kalian dalam memahami konsep-konsep perpajakan, tetapi juga kemampuan kalian dalam mencari informasi yang relevan, menganalisis data secara kritis, dan menyampaikan ide-ide kompleks dengan cara yang jelas dan persuasif. Besar harapan saya, dengan diadakannya kompetisi ini dapat menjadi bukti nyata bahwa generasi muda Indonesia memiliki ide-ide kreatif dan solusi-solusi yang inovatif untuk mengatasi tantangan perpajakan di masa depan.” ucap Ibu Dr. Dianwicaksih Arieftiara, SE., Ak., M.Ak., CA., CSRS.

Pada jenjang ini, perlombaan terbagi menjadi 3 (tiga) tahap yaitu tahap penyisihan dengan mengerjakan soal perpajakan pada tanggal 10 Agustus 2024, tahap semifinal presentasi issue perpajakan pada tanggal 16 Agustus 2024, dan tahap final debat pada tanggal 30 Agustus 2024. Terdapat 8 tim yang lolos ke tahap semifinal presentasi issue, di antaranya berasal dari Politeknik Negeri Jakarta, IPB University, Universitas Indonesia, PKN STAN, Universitas Jenderal Soedirman, Telkom University, Universitas Lampung, dan Universitas Trisakti.

Selanjutnya, pada tahap semifinal presentasi issue, aspek-aspek yang dinilai adalah pemahaman materi, analisis mendalam, kejelasan pemaparan, bukti dan rujukan, serta kesimpulan dan rekomendasi. Terdapat 4 (empat) issue yang akan dipilih secara acak untuk dipaparkan oleh peserta. Peserta diberikan waktu untuk research mengenai issue dan untuk presentasi issue masing-masing selama 10 (sepuluh) menit untuk menjelaskan issue, sekaligus menjelaskan solusi atau rekomendasi yang dapat diajukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Empat tim yang akan lolos ke tahap selanjutnya ditentukan berdasarkan poin tertinggi yang akan diumumkan pada tanggal 18 Agustus 2024 melalui instagram @taxpression.upnvj dan WhatsApp grup peserta.

Besar harapan kami bahwa kegiatan bermanfaat seperti Taxpression: Tax Competition ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya oleh Kelompok Studi Mahasiswa Tax Center UPN “Veteran” Jakarta. Kami juga berharap melalui kegiatan ini, tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga menjadi wadah bagi para mahasiswa/i untuk saling belajar dan berbagi pengetahuan. Sehingga dapat mencetak generasi penerus yang inovatif dan solutif dalam menghadapi tantangan perpajakan di era digital.

Share :