Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Tiga mahasiswa dari Kelompok Studi Pasar Modal Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta berhasil meraih prestasi kejuaraan nasional pada lomba Call for Papers Capital Market Competition 2023 sebagai juara 2 yang diselenggarakan oleh KSPM FEB Universitas Pekalongan pada tanggal 1 Juni 2024. Tiga mahasiswa yang tergabung dalam tim Mark-In terdiri dari Ahmad Syaugi (S1 Manajajemen 2022), Astrid Selma Dharmawan (S1 Manajemen 2021), dan Maria Lasma Franssisca (S1 Ekonomi Pembangunan 2021).

Tim Mark-In meraih kemenangan dengan melewati serangkaian tahapan kompetisi yang terdiri dari dua tahap, yaitu tahap semifinal top 5 dan final. Pada tahap semifinal, tim Mark-In diminta untuk mengumpulkan full paper yang sudah dilakukan dengan judul penelitian “Pengaruh Identifikasi Arah Tren Pasar Modal dan Psikologis IMUD (Investor Muda) dalam Menekan Perilaku Noise Trader”. Lalu pada tahal final, tim Mark-In diminta untuk membuat deck presentasi dan memaparkan hasil paper penelitian kepada para juri.

Capital Market Competition (CAPTION) merupakan salah satu wadah bagi penggiat pasar modal untuk menguji kemampuan pengetahuan mengenai dunia investasi. Di tahun 2024 ini, Capital Market Competition mengangkat tema “(OBLIGASI) Optimalisasi Belajar dan Literasi dalam Gerakan Berinvestasi” dengan sub tema “Save Your Money for Future Glory”. Salah satu lomba yang ada di Capital Market Competition adalah Call for Papers yang memiliki tujuan sebagai wahana informasi di bidang karya ilmiah khususnya dibidang pendidikan agar dapat disebarluaskan kepada para pencari informasi, peneliti, dosen dan mahasiswa. Juri dalam lomba ini, yaitu Prof. Dr. Siti Nurhayati, M.S selaku Guru Besar Universitas Pekalongan, Dr. Mahirun, S.E., M.Si selaku Dekan FEB Universitas Pekalongan, Meliza, S.E., M.Com., DBA selaku Kaprodi Manajemen FEB Universitas Pekalongan, dan Akhmad Nuranyanto, S.E, M.M selaku Senior Officer di PT Bursa Efek Indonesia Jateng 1.

Syaugi, Maria, dan Astrid sangat bersyukur bisa meraih juara 2 pada lomba tingkat nasional ini, mengingat penelitian yang dilakukan tidak mudah dan jumlah peserta yang banyak dari berbagai daerah di Indonesia. Penelitian yang dilakukan tim Mark-In juga mendapatkan kritikan dan saran yang baik dari para dewan juri yang membuat tim Mark-In tetap semangat meraih kejuaraan dan mengikuti perlombaan lainnya.

Keberhasilan ini tidak hanya menggambarkan usaha dan kerja keras tim, tetapi juga menambah semangat kebersamaan dan meningkatkan kerjasama tim Mark-In dalam menghasilkan karya anak bangsa untuk mencerdaskan bangsa Indonesia khususnya di bidang investasi pasar modal.

Share :