Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Pada hari Jumat (7/6/2024) dilaksanakan kegiatan kolaborasi workshop dan  campus visit antara HIMA S1 Manajemen UPNVJ dengan IFBCC yang bertemakan “Shaping the Future of Ethical Franchise Business”. Kegiatan kolaborasi ini merupakan salah satu rangkaian program acara di pameran IFRA Business Expo 2024 yang bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa/i UPNVJ dalam merancang konsep bisnis yang akan direalisasikan menjadi nyata. Kegiatan ini dihadiri oleh 68 mahasiswa/i UPNVJ, HIMA S1 Manajemen UPNVJ, dan Panitia IFBCC. Kegiatan ini juga didampingi oleh Ibu Siti Hidayati, SE., MM. selaku Kaprodi S1 Manajemen UPNVJ.

Acara ini diawali dengan sambutan oleh Kaprodi S1 Manajemen, Siti Hidayati, SE., MM. Dalam sambutannya, Siti Hidayati, SE., MM mengucapkan terima kasih kepada pihak IFBCC atas ajakan kolaborasi dengan UPN Veteran Jakarta dan kepada seluruh panitia yang bertanggung jawab dalam acara ini, serta para peserta yang sudah hadir pada acara ini. Dalam sambutannya, beliau turut berharap kegiatan ini dapat menambah pengetahuan di mata kuliah kewirausahaan dan pengetahuan-pengetahuan soft skill peserta yang mungkin sudah memiliki bibit usaha dan meneruskan bisnis orang tua.

Setelah sambutan diberikan, dimulai sesi pemberian materi oleh narasumber pertama, Dr. Ranilla Suciati, SE., MM., CFP, yang juga merupakan Dosen FEB UPN Veteran Jakarta. Beliau memberikan materi dengan judul “Franchise Excellence: Strategi Inovatif Untuk Memilih dan Mengembangkan Bisnis” yang menjelaskan mengenai franchise dan hal-hal terkait franchise. Melalui pemaparannya, beliau menyampaikan bahwa “Setiap model bisnis termasuk franchise pasti memiliki risiko. Maka dari itu, perencanaan bisnis sangatlah penting, tetapi hal yang paling terpenting dalam suatu bisnis yaitu komitmen dan kerja keras yang dapat mempengaruhi bagaimana bisnis tersebut dapat berkembang”.

Adapun sesi pemberian materi dilakukan oleh narasumber kedua, Bije Widjajanto, yang merupakan Founder dan CEO dari Ben Warg Consulting. Dengan  materi yang dibawakan berjudul “3 Poin Pokok Dalam Merencanakan Bisnis” yang menjelaskan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat membangun bisnis. Dalam pemaparan tersebut, Beliau turut menyampaikan “Dalam menjalankan bisnis dengan strategi yang baik, maka akan menentukan bisnis baik juga”. Selesai penyampaian materi oleh kedua narasumber maka dilakukan sesi tanya jawab (QnA) oleh peserta yang hadir.

Keseluruhan rangkaian acara telah terselesaikan, maka dilakukan sesi terakhir yaitu sesi pemberian sertifikat kepada narasumber dan dokumentasi dengan peserta. Kegiatan kemudian ditutup oleh MC dan para narasumber dan peserta dipersilahkan untuk meninggalkan ruangan.

Share :