Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Pada hari Sabtu (1/6/2024) telah berlangsung program kerja Mangrove Forest dengan tema BUDIMAN: Budidaya Mangrove dan tagline “Bergerak Bersama Hijaukan Pesisir Pantai” yang dilaksanakan di Marga Mulya, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang ini diselenggarakan oleh Departemen Sosial Lingkungan BEM FEB UPN “Veteran” Jakarta Periode 2024,  yang bertujuan untuk memulihkan ekosistem mangrove yang rusak atau terdegradasi dan menjaga keberlangsungan lingkungan pantai. Dalam kegiatan ini, mahasiswa dapat meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan, khususnya daerah pantai dan pesisir pantai.

“Dari kegiatan yang dilakukan teman-teman hari ini, itu punya impact. Jadi dari menanam mangrove, tumbuhan itu akan menghasilkan buah, buahnya bisa dimanfaatkan sehingga bisa ngasih nilai ekonomi. Jadi enggak dari lingkungan aja tapi juga impactful for economic value, especially for coastal community,” ujar Alfian Fajri, salah satu pihak dari Mangrove Jakarta Community.

Secara luas, kegiatan ini bertujuan untuk memulihkan dan mempertahankan keanekaragaman hayati di daerah pesisir pantai, membantu mengurangi kerusakan akibat gelombang laut dan badai, memperkuat perlindungan terhadap pantai dari dampak banjir, mengurangi emisi karbon dioksida dalam atmosfer, dan mengurangi dampak perubahan iklim, serta memberdayakan masyarakat setempat dengan menciptakan peluang kerja. Harapannya dari kegiatan ini adalah meningkatkan rasa peduli mahasiswa/i FEB UPN “Veteran” Jakarta terhadap lingkungan yang menjadi tempat tinggal, memberi kontribusi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup untuk generasi selanjutnya, dan membantu dalam memberdayakan masyarakat setempat.

Kegiatan ini dimulai oleh pembukaan oleh MC dari Mangrove Jakarta Community, dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dari Ketua Pelaksana, Ketua BEM FEB UPNVJ, dan salah satu anggota dari Mangrove Jakarta Community. Selanjutnya, dilakukan pemaparan materi terkait mangrove sendiri.

Memasuki bagian inti dari kegiatan ini, yaitu penyebaran benih ikan dan udang, lalu dilanjutkan penanaman mangrove yang dilakukan seluruh peserta dengan arahan dari pihak Mangrove Jakarta. Terakhir, akhir kegiatan diisi dengan pembersihan sampah di area pesisir pantai tersebut. Setelah dilakukan semua sesi kegiatan, disampaikan penutup kesimpulan kegiatan oleh pihak Mangrove Jakarta Community.

Demikianlah kegiatan Mangrove Forest dengan tema BUDIMAN: Budidaya Mangrove dan tagline “Bergerak Bersama Hijaukan Pesisir Pantai” telah dilaksanakan oleh BEM FEB UPN “Veteran” Jakarta berjalan lancar dan sukses.

Share :