Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Pada hari Sabtu (1/6/2024) dilaksanakan kegiatan program kerja HIMA S1 Manajemen yaitu Manajemen Mengabdi dengan tema “Earth Day” yang dilaksanakan di Kampung Gedong. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Departemen Advokasi dan Sosial HIMA S1 Manajemen UPN “Veteran” Jakarta periode 2024 yang bertujuan untuk memperkenalkan anak-anak Kampung Gedong tentang keberagaman alam (hewan dan tumbuhan). Kegiatan ini dihadiri oleh Panitia Manajemen Mengabdi, Panitia Jakarta Mengabdi, serta anak-anak Kampung Gedong. Kegiatan ini juga didampingi oleh 2 dosen pendamping yaitu Ibu Siti Hidayati, SE., MM. selaku Kaprodi S1 Manajemen dan Ibu Dienni Ruhjatini, SE, MM. selaku Sesprodi S1 Manajemen.

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk membantu anak-anak mengenal alam yang ada di lingkungan sekitar, mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris, dan meningkatkan kemampuan akademis khususnya dalam menulis dan membaca. Di dalam pengabdian, anak-anak akan diberikan penyuluhan dan juga pengetahuan tentang lingkungan dengan pendekatan interaktif untuk membangun solidaritas satu sama lain.

Dalam kesempatan ini Departemen Advokasi dan Sosial HIMA S1 Manajemen memberikan sosialisasi yang tepat dan bermanfaat bagi anak-anak Kampung Gedong melalui program kerja Manajemen Mengabdi, dan program ini akan menambah awareness anak-anak tentang keberagaman alam di sekitar mereka dan memperoleh pengetahuan serta keterampilan mengenal nama-nama hewan dan tumbuhan dalam bahasa Inggris.

Dalam sambutan Deva Fabiola selaku Ketua HIMA S1 Manajemen menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Jakarta Mengabdi yang telah bekerjasama dengan Manajemen Mengabdi. Melalui sambutannya, ia menyampaikan harapannya bahwa, “Semoga dengan adanya kolaborasi ini dapat membawa impact besar kepada kedua organisasi dan tentunya kepada adik-adik Kampung Gedong”. Rizqia Ananda Soleha selaku  Ketua Pelaksana dari program kerja Manajemen Mengabdi pun turut menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia Manajemen Mengabdi dan Jakarta Mengabdi atas partisipasinya. Ia pun berharap anak-anak mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru lagi dalam kegiatan mengajar ini.

Kegiatan diawali dengan anak-anak Kampung Gedong dan seluruh panitia menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu alfabet Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Kemudian masuk ke inti acara yaitu kegiatan Mengajar Remaja kepada anak-anak Kampung Gedong. Dalam sesi ini, anak-anak terbagi ke dalam 3 kelas untuk pembelajaran modul yang disesuaikan dan setiap kelasnya didampingi oleh fasilitator dari Manajemen Mengabdi dan Jakarta Mengabdi. Materi yang diberikan mencakup penggunaan sapaan dan perkenalan dalam berbagai situasi, serta nama-nama hewan dan tumbuhan dalam Bahasa Inggris.

Kegiatan selanjutnya diisi dengan sesi games, dimana terdapat dua games yaitu games menentukan posisi barang dan tebak gambar, dalam games ini tetap memberikan unsur belajar dari materi. Untuk games yang pertama “Menentukan posisi barang” dimana akan disediakan kotak kardus yang menghadap berlawanan dengan pesertanya, setiap orang harus menebak urutan gelas warna warni yang telah diacak oleh panitia. Untuk games yang kedua “Tebak gambar” akan dibagi kelompok dan perwakilan dari anggota kelompok akan maju dan memperagakan dari gambar yang sudah disediakan, perwakilan kelompok akan memberikan clue menggunakan Bahasa Indonesia dan anggota kelompoknya menjawab menggunakan Bahasa Indonesia dan diberi nilai tambahan apabila menjawab menggunakan Bahasa inggris.

selesai dilakukan, kegiatan dilanjut dengan sesi pemberian hadiah atau cinderamata kepada anak-anak, dimana setiap anak akan mendapatkan satu alat tulis dan buku menggambar. Kegiatan dilanjut dengan memberikan kesan pesan dari panitia Manajemen Mengabdi atas pengabdian yang telah dilakukan di Kampung Gedong, Jakarta Timur, serta pemberian sertifikat oleh panitia kepada Jakarta Mengabdi. Kegiatan kemudian ditutup dengan sesi foto bersama anak-anak Kampung Gedong dan seluruh panitia yang menandakan acara Manajemen Mengabdi {MABDI) 2024 telah berakhir.

Share :