Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Pada Jumat (31/1/2024), Himpunan Mahasiswa S1 Ekonomi Syariah UPN Veteran Jakarta sukses menyelenggarakan kegiatan Ekonomi Syariah Studi Banding (EKSIS) bersama Himpunan Profesi Mahasiswa Ilmu Ekonomi Syariah (SES-C) IPB. Kegiatan ini mengusung tema “Take a Step to Build Relation and Sharing Experience to Improve The Performance of Sharia Economic Organizations” dan bertempat di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB University, Jl. Raya Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh fungsionaris dan Dewan Pengawas Kabinet Arkananta Bimantara HIMA Ekonomi Syariah dan Kabinet Cipta Alaya SES-C IPB dengan total 106 peserta. Studi banding ini dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB hingga 15.30 WIB. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjalin hubungan serta sebagai wadah untuk saling bertukar pikiran antara HIMA Ekonomi Syariah UPNVJ dan SES-C IPB. Harapan dari terlaksananya kegiatan ini yaitu kedua organisasi mahasiswa dapat saling mengenal, membangun relasi, menciptakan komunikasi yang baik, serta mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas untuk sekiranya dapat berkolaborasi di kemudian hari.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan acara, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan pembacaan Tilawah Quran. Adapun sambutan yang diawali oleh Saudara Akmal Musyaffa’ selaku Ketua SES-C IPB. “Kami sangat senang atas kedatangan teman-teman HIMA Ekonomi Syariah UPNVJ karena ini juga merupakan kegiatan studi banding pertama kami dalam periode ini” ujar Akmal. Ketua HIMA Ekonomi Syariah, Airlangga Hernadi juga memberikan sambutan dengan harapan bisa mendapatkan insight dan terjalinnya komunikasi kepada SES-C IPB.

Kegiatan dilanjut dengan memasuki sesi paparan Grand Design SES-C IPB yang diteruskan oleh paparan Grand Design HIMA Ekonomi Syariah. Hasil dari sesi ini adalah kedua organisasi mahasiswa saling mengetahui susunan organisasi hingga program kerja yang dimiliki. Masuk ke dalam kegiatan inti yaitu Focus Group Discussion (FGD) dimana setiap bidang dipecah menyesuaikan konsentrasinya masing-masing. Banyaknya perbedaan dari kedua organisasi mahasiswa ini menghasilkan insight atau ilmu pengetahuan baru dengan pemecahan masalah selangkah lebih maju dimana dapat dijadikan usulan untuk perbaikan program kerja kedua himpunan pada periode selanjutnya.

Berbagai aktivitas dilakukan setelah sesi FGD dilakukan yaitu sesi ice breaking, penyerahan plakat sebagai tanda terima kasih atas ketersediaan kerjasama studi banding HIMA Ekonomi Syariah dengan SES-C IPB, kemudian acara ditutup dengan campus tour IPB serta sesi dokumentasi di ikon koin IPB.

Share :