Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Pada hari Senin (27/5/2024) Di tengah kesibukan mahasiswa/i dalam perkuliahan EDC berkolaborasi dengan HIPMI yang berkesempatan untuk menyelenggarakan program kerja, yakni Veteran Future Finance Seminar dan Talk Show. Veteran Future Finance merupakan salah satu program kerja EDC yang berkolaborasi dengan HIPMI dengan tujuan memberikan insight kepada mahasiswa terkait Blockchain dan Web3 kepada anggota EDC, HIPMI, mahasiswa UPNVJ, dan mahasiswa eksternal.

Pada kali ini, telah terlaksana Veteran Future Finance Seminar and Talk Show 2024 secara Offline dengan topik “The Potential Side Income Crypto Assets” disponsori oleh Tokocrypto. Acara ini dihadiri sebanyak 150 partisipasi, 3 pemateri, dan 1 dosen pembimbing. Acara ini dilaksanakan di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, tepatnya di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika. Pada jam 07.00 – 09.20 panitia melakukan briefing dan gladi bersih. Pada jam 09.30 dilaksanakannya Open Gate dan registration untuk peserta. Panitia divisi acara dan humas memberi arahan kepada peserta untuk absensi dan instal aplikasi Tokocrypto. Pada jam 10.09 pembukaan acara dilakukan oleh Hiya Rain Nahdhah selaku MC of Veteran Future Finance, lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne UPNVJ, dan Hymne Hipmi.

Kegiatan Veteran Future Finance ini diawali dengan pembukaan acara oleh MC dan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Raid Agil selaku Project Officer of Veteran Future Finance. Lalu sambutan dari Raqul Achmad Ash Shiroth selaku President Enterprise Development Center (EDC) UPN Veteran Jakarta. Dilanjutkan sambutan dari Yrzi Rafi Hakim selaku Ketua HIPMI. Dan sambutan dari Bapak Hamizah selaku  Ketua Umum Hipmi Jaya serta sambutan dari Ibu Praptiningsih, SE., MM. selaku wakil dekan bidang kemahasiswaan dan kerjasama.

Selanjutnya MC memasuki acara pengarahan kepada peserta untuk scan barcode yang tertera pada layar panggung untuk mendapatkan hadiah bitcoin bagi yang berkesempatan. Kemudian dilanjut pemaparan oleh pemateri untuk partisipan.

Pemateri pertama dilaksanakan pada jam 10.28 oleh Rian as a Co-Founder CoinFolks. Cryptocurrency menarik banyak orang karena potensi keuntungannya, namun penting juga memahami teknologi di baliknya. Evolusi web dari Web1 (informasi), Web2 (platform), hingga Web3 (kepemilikan) menunjukkan perkembangan teknologi internet. Blockchain memungkinkan data disimpan secara terdesentralisasi, membuatnya lebih aman dan sulit dimatikan. Teknologi ini diadopsi oleh banyak perusahaan besar dan dianggap sebagai teknologi masa depan. Selain itu, blockchain menawarkan berbagai peluang, seperti bermain game untuk menghasilkan uang, trading, staking, dan investing.”

Pemateri kedua oleh Wan Iqbal as a CMO Tokocrypto. Wan Iqbal memberikan pantun pada awal paparan “Sebagai mahasiswa ekonomi, saya mengunjungi perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia dan mempelajari tentang crypto yang berbeda dengan slot dan diatur oleh Bappebti, OJK, dan Kominfo. Crypto adalah komoditas aset digital yang diakui dan semakin aman, mendukung pengembangan teknologi dan keuangan. Blockchain menjadi dasar teknologi ini dengan Bitcoin, Ethereum, dan stablecoin sebagai contoh utama. Sejak ditemukannya Bitcoin pada 2008 hingga boom NFT pada 2022, industri kripto terus berkembang. Untuk memulai investasi kripto diperlukan dompet digital (hot wallet atau cold wallet) dan aset kripto bisa dibeli melalui CEX, DEX, atau P2P. Crypto menarik sebagai investasi karena mampu mengatasi inflasi dan nilainya meningkat dari tahun ke tahun dengan modal awal yang kecil.

Pemateri ketiga oleh Yunepto as a Founder Cryptosiast. “Hari ini saya ingin berbagi cara menghasilkan uang dari crypto. Ada dua pendekatan: menemukan dan menyelesaikan masalah baru, atau belajar dari masalah yang sudah ada. Pada 2021, saya mulai menggunakan crypto untuk menghasilkan uang dengan fleksibilitas waktu. Banyak yang membeli dan menahan aset crypto untuk mendapatkan capital gain, tapi ada juga cara mendapat keuntungan tanpa modal, seperti airdrop. Beberapa teman kita bahkan memperoleh ribuan dolar dari game gratis di Telegram. Crypto menawarkan peluang luas, dan harapan saya adalah kalian bisa menjadikannya sumber penghasilan utama. Dengan potensi menjadi brand ambassador atau menggunakan deposit USDT, kalian bisa memanfaatkan crypto lebih baik daripada aset konvensional. Web3 memungkinkan fleksibilitas dalam pembayaran dan pengembangan aset, sementara teknologi seperti AI digunakan untuk menyelesaikan masalah dan memberikan solusi. Crypto menawarkan banyak hal yang bisa dieksplorasi, terutama dari sisi teknologi dan web3.”

Kesimpulan dari Talkshow Exchange-Traded Fund (ETF) adalah investasi yang terdiri dari berbagai aset seperti saham, obligasi, atau komoditas, dan diperdagangkan di bursa efek. ETF memberikan diversifikasi luas dengan biaya lebih rendah dibandingkan pembelian aset individual, meningkatkan likuiditas dan aksesibilitas bagi investor. ETF membantu penyebaran risiko dan memudahkan investasi di berbagai sektor dan pasar global. Pergerakan harga ETF sering mencerminkan sentimen pasar terhadap aset dasar, mempengaruhi harga aset tersebut. Secara keseluruhan, ETF menawarkan cara efisien dan fleksibel untuk berinvestasi, mendiversifikasi portofolio, dan mengelola risiko.

Share :