Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta

FEBUPNVJ – Pada hari Sabtu (25/5/2024) telah dilaksanakan program Sharing KMBI yang bertema “Prepare Your Journey to Become a Part of KMBI 2024”. Acara tersebut diselenggarakan di BEJ FEB UPN “Veteran” Jakarta. Tujuan diadakannya program tersebut adalah untuk memberikan insight bagi para mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis yang akan mengikuti magang khususnya program KMBI agar lebih siap dalam menghadapi proses seleksinya. Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 09.30 WIB sampai dengan 12.00 WIB. acara sharing KMBI 2024 dihadiri oleh 50 peserta dari beberapa fakultas  dan turut dihadiri oleh Pembina BI Corner Study Club Ibu Hani Novanti, S.Pi. M.M. Dalam sambutannya, beliau berterima kasih kepada seluruh panitia yang telah menyelengarakan kegiatan sharing KMBI dan beliau juga berharap dengan diadakannya Sharing KMBI 2024, acara ini dapat membuka peluang bagi mahasiswa untuk lolos KMBI 2024 sesuai dengan posisi yang diimpikan.

Sharing KMBI tahun ini mengundang dua narasumber berpengalaman, narasumber pertama yaitu Jannatul Jasmine merupakan mahasiswa dari S1 Ekonomi syariah Angkatan 2021, beliau memiliki pengalaman magang sebagai researcher di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Riau. Dalam pemaparannya, Jasmine menjelaskan mengenai tiga aktivitas utama di KMBI yang terdiri dari learning insight, project/research, dan working experience. Selain  itu, beliau juga memaparkan mengenai proses seleksi dan berkas apa saja yang harus disiapkan nantinya.

Selanjutnya, narasumber kedua, yaitu Tahlirska Elfadhilla Sari Wrastamy atau biasa dipanggil Dilla merupakan alumni KMBI 7 yang ditempatkan di Satker DUPK (Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen) Kantor Pusat Bank Indonesia tahun 2023, Dilla juga merupakan ketua angkatan dari KMBI 7. Dalam pemaparannya, Dilla menjelaskan mengenai istilah program Kampus Merdeka, cara membangun branding diri sebaik mungkin, program kerja apa yang sudah dilaksanakan saat mengikuti KMBI 7, dan manfaat yang didapatkan dari mengikuti KMBI. Selain itu, Dilla juga menekankan kepada para mahasiswa untuk tidak malu dan takut dalam mem-branding diri di sosial media. “Jangan takut buat mem-branding diri di sosial media, contohnya di Instagram kalian, karena gimana kita bisa meyakinkan recruiter terkait kegiatan-kegiatan kita kalau sosial media kita saja kosong atau ga ada isinya”.

Setelah selesai pemparan materi dari narasumber dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang interaktif antar narasumber dan peserta serta dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada narasumber serta melakukan dokumentasi. Kegiatan kemudian ditutup dengan games dan penutupan dari MC. Demikian acara sharing KMBI 2024 dengan tema “Prepare Your Journey to Become a Part of KMBI 2024” diharapkan dapat menambah wawasan untuk peserta yang akan mengikuti program KMBI tahun 20224 dan dapat menjadi bagian dari KMBI.

Share :