FEBUPNVJ – Dalam rangka persiapan pembelajaran dan perkuliahan Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta menggelar kegiatan Upgrading Mata Kuliah dan Persiapan Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester Genap TA 2023/2024 pada hari Kamis, 11 Januari 2024. Kegiatan tersebut bertempat di Ruang 201 Gedung Seopomo, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPNVJ.
Pada kegiatan ini terdapat beberapa topik yang akan didiskusi dan disampaikan kepada Bapak dan/atau Ibu Dosen Jurusan Manajemen. Pembahasan tersebut antara lain: (1) Kurikulum Mapping untuk Penyusunan RPS Semester Genap TA 2023/2024; (2) Sharing Session mengenai Metode Pembelajaran PjBL dan Case Study serta Evaluasi Penilaian UTS dan UAS; (3) Pemaparan Roadmap Fakultas dan Jurusan Manajemen serta turunannya agar dapat terintegrasi sesuai dengan topik Mata Kuliah yang diajar; (4) Coaching Clinic – Persiapan Penyusunan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Pada proses penyusunan RPS melibatkan beberapa narasumber diantaranya: 1) Jerry Marmen, MS, M.Ec., M.Mgt, Ph.D selaku Komisaris Bank Bukopin; (2) Dr. Guntur Syahputra Saragih, M.S.M Komisioner KPPU; (3) Dr. Zaroni, SE., M.Si. MSM, CISCP, CFMP, CIMLT Direktur Keuangan dan Personalia PT. Maruco Indonesia (Sektor Pertambangan).
Dengan kehadiran para narasumber yang merupakan praktisi dibidang keahliannya masing-masing harapannya dapat memberikan masukan dan saran kepada para dosen dalam menyusun RPS. Sehingga bahan ajar yang dimiliki oleh para dosen sudah sesuai dengan kondisi dunia kerja/praktisi. Selain itu dalam proses persiapan pembelajaran berkaitan juga dengan pencapain Indikator Kinerja Utama yang menjadi target disetiap tahunnya. Dimana dalam pencapain IKU sangat membutuhkan peran para dosen dan mahasiswa. Hal tersebut juga disampaikan oleh Ibu Dr. Jubaedah, SE, MM selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. “Kegiatan upgrading dan persiapan penyusnan RPS berjalan sesuai dengan capaian. Dimana dalam kegiatan ini berkaitan dengan IKU 1 dan 7 yaitu lulusan yang mampu berdaya saing dengan lulusan lainya serta mendapatkan pekerjaan < 12 bulan. Selain itu untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang menunjang khsusnya pada IKU 1” ujar Dekan FEB. Dan untuk pencapaian pada IKU 7 dan IKU 5 harapannya para dosen udapat mencantukan kedalam RPS untuk penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh para dosen.
Setelah itu acara dilanjutkan dengan pengarahan dan paparan yang disampaikan langsung oleh Dekan, Ketua Jurusan Manajemen, Sekretaris Prodi S1 Manajemen dan Koordinator Program Studi D3 Perbankan dan Keuangan dilanjutkan diskusi. Untuk diskusi dibagi menjadi empat tim berdasarkan konsentrasi mata kuliah dan keahlian para dosen manajemen. Keempat konsentrasi tersebut yaitu Keuangan, Pemasaran, Sumber Daya Manusia, dan Operasional. Tujuannya dibagi menjadi empat tim agar para dosen lebih fokus dalam penyusunan RPS dan berdiskusi langsung dengan para praktisi yang hadir.