FEBUPNVJ – Pada hari Jumat (08/11/2024) dilaksanakan kegiatan program kerja HIMA S1 Manajemen yaitu Skill Improvement Digital Marketing (SMART) X COMMENT dengan tema “Strategi SEO Untuk Meningkatkan Visibilitas Digital” yang dilaksanakan di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika UPN “Veteran” Jakarta. Kegiatan ini diselenggarakan oleh HIMA S1 Manajemen UPN “Veteran” Jakarta periode 2024 yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas digital yang menjadi salah satu kompetensi penting di era globalisasi saat ini.
Tujuan dari kegiatan Skill Improvement Digital Marketing (SMART) X COMMENT yaitu untuk menjelaskan pentingnya digital marketing, terutama dalam SEO yang digunakan pada dunia bisnis modern, membekali peserta dengan wawasan dan keterampilan mengenai digital marketing, mendorong pemikiran inovatif dan kreatif dalam menerapkan strategi digital marketing, mengenalkan berbagai peluang karir dalam bidang digital marketing, sehingga peserta dapat mengeksplorasi jalur profesional yang sesuai dengan minat dan bakat.
Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, dilanjutkan sambutan oleh Siti Hidayati selaku Kaprodi S1 Manajemen. Dalam sambutannya, menyebutkan bahwa pada program studi S1 Manajemen UPN “Veteran” Jakarta Manajemen Pemasaran adalah pilihan peminatan terbanyak. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada narasumber. Harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai digital marketing. Dilanjutkan dengan sambutan Stephanie Natasya Setiawan selaku Project Officer Skill Improvement Digital Marketing (SMART) X COMMENT juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mengasah soft skill, hard skill, dan pengetahuan.
Setelah sambutan, dimulai sesi pemberian materi oleh narasumber, Clara Louis Anandeta. Ia membawakan materi dengan judul “Search Engine Optimization” yang menjelaskan mengenai teknik yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web di hasil pencarian. SEO juga memiliki peran untuk Keyword Research, Audit Situs WEB, Optimasi On-Page and Off-Page, Analisis dan Penyesuaian Strategi. Sehingga, bisa digunakan untuk meningkatkan algoritma dari suatu artikel atau konten.
Kegiatan dilanjutkan dengan talkshow bersama narasumber, yaitu membahas tentang algoritma yang digunakan pada konten narasumber yang memiliki followers lebih dari 200 ribu. Clara Louis juga menjelaskan bahwa keyword harus sejalan dengan konten yang dibuat. Pemilihan jenis konten juga berpengaruh pada algoritma dan traffic suatu akun kedepannya.
Kegiatan selanjutnya adalah This or That Study Case mengenai SEO, dimana para peserta diberikan study case dan harus memilih solusinya. Salah satu study case yang diangkat adalah permasalahan mengenai “Visual dan kata kunci DILO memulihkan peringkat yang hilang”.
Selanjutnya adalah kegiatan praktik workshop, para peserta secara berkelompok membuat artikel dengan tema bebas, dimana para peserta dilatih untuk menentukan keyword pada suatu artikel dengan didampingi saran-saran dari Clara Louis, perwakilan 2 kelompok memaparkan apa saja yang menjadi pertimbangan dalam membuat artikel, serta kesulitan saat membuat artikel.
Setelah semua rangkaian acara telah selesai dilakukan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi pemberian sertifikat dan plakat kepada narasumber oleh panitia Skill Improvement Digital Marketing (SMART) X COMMENT dan dokumentasi bersama peserta. Kegiatan kemudian ditutup oleh MC, narasumber dan peserta dipersilahkan untuk meninggalkan ruangan.