Fakultas Ekonomi dan Bisnis - UPN Veteran Jakarta
Foto bersama narasumber dan peserta Useful Goes to School 3.0.

FEBUPNVJ – Pada hari Jumat (27/9/2024), KSEI USEFUL FEB UPNVJ telah berhasil menggelar seminar dengan mengusung tema “Investasi Syariah untuk Pemula: Langkah Awal Menuju Keuangan Islam” di SMAN 1 Jakarta. Acara ini dihadiri oleh 80 siswa SMAN 1 Jakarta yang antusias untuk memperdalam pemahaman mereka tentang investasi yang sesuai dengan prinsip syariah. Pembicara dalam seminar ini yakni kak Ibrahim Hadi, S.E., WPPE., CDMP.  yang merupakan Duta Ekonomi Syariah FoSSEI Jabodetabek 2024.

Ibrahim menyampaikan bahwa saat ini produk investasi syariah ada tiga, diantaranya Sharia Stock (Saham Syariah), Mutual Fund Sharia dan Sukuk. Lebih jauh, narasumber memberikan tips dalam memulai investasi syariah, tips tersebut berupa memilih dengan baik instrumen yang sesuai prinsip syariah, melakukan diversifikasi portofolio investasi syariah, hindari investasi di sektor haram, dan yang utama adalah tidak FOMO.

“Dalam melakukan investasi tidak boleh FOMO, nanti yang ada terjebak di investasi yang merugikan kita. Misal, pas teman dapat untung dari adanya laju positif produk investasi, tapi pas kalian ikut-ikutan beli di produk yang sama, malah turun harganya. Nah itu kan jadinya rugi. Makanya, untuk memulai investasi, yang paling tepat itu cari tahu dulu mengenai produk investasi, dan gimana portofolio produk investasi tersebut” ujar Ibrahim. Ibrahim Hadi juga menambahkan bahwasanya investasi syariah lebih menjanjikan daripada investasi konvensional (umum).

Seminar ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada siswa tentang keuangan Islam, serta mendorong mereka untuk mulai berinvestasi, khususnya pada investasi syariah dengan penuh tanggung jawab. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan mendukung kesuksesan acara ini. Mari kita bersama-sama terus meningkatkan pemahaman keuangan syariah di kalangan pelajar!

Share :
Tags: